BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perusahaan teknologi menutup Nikkei, pasar saham China


Foto: ANP

Bursa Saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada hari Senin. Investor mengandalkan kenaikan harga yang solid di Wall Street, karena kekhawatiran resesi sempat ditinggalkan pada hari Jumat. Perdagangan sepi karena sebagian besar pasar keuangan di Asia ditutup untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Pasar saham di Shanghai dan Shenzhen tutup sepanjang minggu. Hong Kong akan melanjutkan perdagangan pada hari Kamis.

Indeks utama Jepang, Nikkei 225, naik 1,3 persen. Perusahaan teknologi khususnya naik setelah kenaikan 2,7 persen pada harga indeks teknologi penting AS, Nasdaq, pada Jumat. Reli di New York mengikuti angka triwulanan yang diterima dengan baik dari layanan streaming Netflix. Alfabet Google juga telah terangkat secara signifikan setelah mengumumkan PHK besar-besaran. Di Tokyo, investor teknologi Jepang SoftBank naik 1,8 persen. Advantest and test chips dan Tokyo Electron naik 1,9 persen dan 2,7 persen.

Nissan naik lebih dari 1 persen. Menurut laporan media, pemerintah Prancis mendukung pembuat mobil Jepang dan mitra Prancisnya, Renault, untuk mengonfigurasi ulang kemitraan mereka, karena Renault telah secara signifikan mengurangi lebih dari 43 persen sahamnya di Nissan. Maskapai penerbangan Jepang mengalami sedikit perubahan harga setelah laporan bahwa pemesanan untuk wisatawan Tiongkok selama Tahun Baru Imlek hanya sekitar 10 persen dari tingkat sebelum virus corona. Japan Airlines turun 0,2 persen dan ANA Holdings naik 0,2 persen.

Di Australia, pasar saham juga dibuka dan All Ordinaries naik 0,1 persen. Pasar di Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Indonesia ditutup.