BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Peserta kontes Miss Universe Indonesia harus berdiri topless dengan kaki terbuka untuk scan tubuh” |  Menampilkan

“Peserta kontes Miss Universe Indonesia harus berdiri topless dengan kaki terbuka untuk scan tubuh” | Menampilkan

Enam peserta kontes Miss Universe Indonesia telah mengajukan pengaduan atas dugaan pelanggaran seksual yang dilakukan oleh organisasi tersebut. Wanita mengatakan mereka harus berdiri telanjang dada dan memeriksakan tubuh mereka apakah ada selulit, misalnya. Ini tentang babak penyisihan nasional kontes kecantikan internasional yang negara kita kirimkan Ricky Cooley.

Pemilihan umum nasional diadakan baru-baru ini di ibu kota, Jakarta. Sesaat sebelum final, lima dari enam wanita diminta membuka pakaian dalam mereka agar panitia dapat memeriksa tubuh mereka. Para peserta mengatakan, menurut kantor berita Reuters, lebih dari dua puluh orang hadir di ruangan itu, termasuk laki-laki. Para wanita tersebut kemudian diduga difoto dalam keadaan telanjang dada.

Seorang wanita mengatakan dia harus berdiri dengan cara yang “tidak pantas”, misalnya dengan melebarkan kakinya. “Saya bingung dan tidak nyaman,” katanya pada konferensi pers. Seorang wanita mengatakan dia menderita secara psikologis akibat kejadian tersebut dan sulit tidur berita BBC.

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk melihat apakah wanita tersebut memiliki bekas luka, selulit atau tato. Hal ini terjadi sesuai dengan apa yang organisasi tersebut kutip dari pengacara tiga perempuan tersebut. Menurut Melissa Angrani, pemeriksaan itu tidak diperlukan untuk apa pun. Dan dia mengharapkan lebih banyak perempuan untuk maju.

Jenazah diperiksa, tapi tidak setengah telanjang

Menurut mantan Puteri Indonesia Maria Harvanti, penggeledahan tubuh adalah hal yang normal di negara ini, namun perempuan biasanya tidak diminta untuk membuka pakaian. Dia mengatakan organisasinya juga mewajibkan indeks massa tubuh (BMI) untuk pesertanya.

Polisi sedang menyelidiki kasus ini. Organisasi Miss Universe mengetahui tuduhan tersebut. Seorang juru bicara mengatakan: “Miss Universe menanggapi tuduhan pelanggaran seksual dan perilaku tidak pantas dengan sangat serius.” “Menyediakan ruang yang aman bagi perempuan adalah prioritas utama organisasi kami.” Baik organisasi nasional maupun internasional mengatakan mereka sedang menyelidikinya.

READ  Undang-undang baru yang mengkriminalisasi seks di luar nikah di Indonesia

Italia hanya menginginkan ‘perempuan terlahir’

Kontes Miss Universe sangat populer di Indonesia dan pemenangnya sering kali menjadi terkenal. Sementara itu, kelompok agama di negara mayoritas Muslim telah mengkritik peristiwa tersebut di masa lalu. Ketua organisasi internasional tersebut telah menjadikan kompetisi ini lebih inklusif, misalnya dengan memperbolehkan partisipasi perempuan dan ibu yang sudah menikah.

Miss Belanda 2023, Ricky Cooley. © Harga Prono

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu singkat Miss Universe kehilangan kredibilitasnya. Ketika organisasi di Italia melihat seorang transgender terpilih sebagai Miss untuk pertama kalinya di Belanda, organisasi tersebut menekankan bahwa hanya “perempuan terlahir” yang diperbolehkan untuk berpartisipasi di sana. Banyak pria transgender yang mendaftar untuk melakukan protes. Perempuan transgender telah diizinkan berkompetisi secara internasional sejak 2012.

Kompetisi Miss Universe edisi ke-73 rencananya akan digelar di El Salvador akhir tahun ini. Mantan Presiden AS Donald Trump adalah salah satu pemilik acara tersebut selama bertahun-tahun.

Dengarkan juga AD Media Podcast di bawah ini atau berlangganan melalui Spotify atau Itunes. Temukan semua podcast kami di iklan.nl/podcast.



Tonton video pertunjukan dan hiburannya di bawah ini: