BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pilih dan nikmati makanan India bersama di Broodfabriek

Pilih dan nikmati makanan India bersama di Broodfabriek

Ditulis oleh: Robert Heidemann

Indonesia bersiap menghadapi pemilu. Lebih dari 200 juta orang memilih presiden baru dan 20.000 wakilnya. Sekitar 350.000 orang yang memiliki hubungan dengan Indonesia tinggal di Belanda. Mereka yang memiliki paspor Indonesia juga dapat memberikan suara dalam pemilu Indonesia di sini.

Basar nyata

Dulu, hal ini pernah terjadi di kedutaan di Den Haag, namun jumlah pemilihnya sangat banyak sehingga pabrik roti Rijswijk didedikasikan sepenuhnya untuk pemilu satu hari ini. Dan dengan suasana bazar yang nyata. Di Plaspoelpolder sibuk jauh sebelum jam 10 pagi. Ada banyak truk kecil di Fulmerlan yang mengangkut produk-produk Indonesia ke aula utama. Di aula lain, staf KBRI sedang mempersiapkan TPS. Dilihat dari ukurannya, mereka mengharapkan jumlah pemilih yang besar. Saat pintu masuk pabrik roti terbuka, pengunjung berbondong-bondong masuk. Tak lama kemudian, banyak barisan pemilih yang menunggu muncul sambil membawa surat-surat resmi mereka.


Antrean panjang di depan TPS. -Robert Heidemann

Untuk bertemu satu sama lain

Hari Pemilu ini juga merupakan perayaan pengakuan. Ada salam dimana-mana. Setelah memilih, mereka pergi ke pasar sambil tertawa dan berbincang. Beragam masakan lokal Indonesia dijual di sekitar empat puluh kios. Variasi resep masakan Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Dari nasi dan bami goreng hingga gado gado dan rendang, serta dari bakso (bakso) hingga soto (sup) dan sate. Masing-masing kios mempunyai spesialisasinya masing-masing. Terbuat dari resep yang sudah turun temurun di keluarga. Bilik berjejer di dinding dan ruangan dipenuhi deretan meja dan kursi. Menyenangkan dari pembukaan hingga pukul enam saat pemungutan suara ditutup. Ada banyak tawa dan makan.

Bagi yang melewatkan festival kuliner ini, akan ada bazar sesungguhnya lainnya di Pabrik Roti pada tanggal 2 dan 3 Maret: Selamat Datang. Nikmati akhir pekan penuh suasana eksotis bagi semua orang yang tertarik dengan budaya India.

READ  Volleyballers zijn al gerangschikt voor het EK tegen Kroatië | sport