BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pipa gas penting dari Rusia ke Uni Eropa telah ditutup mulai hari ini

Rusia mengangkut gas Rusia melalui dua jalur pipa melalui Ukraina ke Eropa Barat. Sebuah pipa ke Ukraina membentang di timur laut Kyiv.

Unggulan kedua akan memasuki Ukraina di wilayah Donbass di timur. Gas akhirnya melakukan perjalanan ke Eropa melalui Slovakia dan Hongaria.

Naftogaz, operator jaringan gas Ukraina, mengatakan telah menutup pipa di Donbas karena penjajah mengganggu jaringan gas. Menurut Naftogaz, penjajah Rusia akan mengekstrak gas dari pipa yang bertentangan dengan perjanjian, yang sudah ditujukan ke Eropa.

tidak bertanggung jawab lagi

Penyadapan ilegal ini adalah sesuatu yang telah lama dituduhkan oleh Rusia kepada Ukraina dalam beberapa tahun terakhir. “Ukraina tidak bertanggung jawab atas transit gas di wilayah yang diduduki Rusia,” kata Naftogaz dalam sebuah pernyataan. situs webIni dilaporkan ke Gazprom.

Naftogaz menyebutnya “force majeure” atau sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan terhadap diri mereka sendiri.

membungkus

Menurut Ukraina, ekspor gas dapat dialihkan melalui pipa lain yang tidak melewati wilayah pendudukan. Namun, menurut Gazprom, yang mengekspor gas dari Rusia, ini “secara teknis tidak mungkin”.

Tapi CEO Naftogaz Yuri Vitrenko mengatakan pada tlebih putih Saya tidak percaya cerita orang Rusia. Dikatakannya, pada Oktober 2020, saat dilakukan pemeliharaan di pihaknya, pengalihan seperti itu dimungkinkan.

Seorang juru bicara pemerintah Rusia mengatakan hari ini bahwa Rusia akan terus menghormati kontrak pasokan gas.

kios impor/ekspor

untuk saya Bloomberg Pasokan gas melalui pipa tersebut mengalami penurunan sebesar 18 persen saat ini, sedangkan melalui jalur alternatif meningkat.

Operator jaringan Jerman Bundesnetzagentur mengatakan impor gas pipa dari Republik Ceko (yang melalui Slovakia) yang dipasok oleh pipa dari Ukraina adalah 25 persen lebih rendah hari ini dibandingkan kemarin.

READ  Pengaruh Rusia pada kampanye vaksinasi di Latvia: "pemerintah tidak dapat berbuat banyak"

Menurut operator jaringan, ini diimbangi dengan “impor tambahan dari Norwegia dan Belanda”.

Gas kecil Groningen

Seorang juru bicara Gasunie mengatakan ini adalah “jumlah yang relatif terbatas” dari gas.

“Dalam beberapa bulan terakhir, diperkirakan aliran gas akan berkurang dari timur ke barat, dan lebih banyak dari barat ke timur.”

Untuk Jerman, itu berarti lebih sedikit gas Rusia dan lebih banyak gas dari Norwegia dan LNG melalui Belgia. Lebih banyak gas Inggris diimpor ke Belanda. “Gas tambahan yang kami suplai ke Jerman berasal dari ladang Groningen dan masih sesuai dengan kesepakatan yang kami miliki saat ini untuk ini.”

miliar dolar sehari

Seperempat dari gas yang diimpor Eropa dari Rusia dengan cara ini datang melalui Ukraina. Meskipun perang, pengiriman ini berlanjut belakangan ini.

Rusia diperoleh dari total ekspor energi fosil menurut Pusat Pikiran Dewan Atlantik memiliki $1 miliar per hari sejak dimulainya perang.

Jangan panik

Pakar energi Hans Van Cleef dari ABN Amro belum melihat kepanikan perdagangan gas Eropa atas pesan tersebut. “Kami sudah melihat banyak berita. Visinya bisa dipercaya.”

Dia percaya bahwa tidak akan jelas sampai besok apakah pasokan dari Ukraina akan berkurang. Ada sedikit lebih tenang di pasar. “Kami menutup lebih banyak dan lebih banyak kesepakatan untuk LNG alternatif dan cuacanya hangat. Stok perlu dibangun untuk musim dingin mendatang, tetapi itu tidak akan terjadi dalam semalam.”