BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Podcast Comp Scottenburg # 4: ‘Ucapkan Selamat Tinggal pada Impian Orang Tua Anda’

Kebakaran, yang membuat tiga bendungan menjadi abu pada tahun 1958, memiliki konsekuensi yang serius. Kondisi kehidupan yang buruk di Scottenberg tidak dapat lagi disangkal. Dalam episode terakhir podcast, ‘Camp Scottenberg’, menjadi jelas bahwa orang Maluku tidak dapat terus tinggal di sana. “Selain itu, teleskop besar dibangun di lokasi kamp,” kata Augustine Dubaria. Untuk menghindari gangguan, tidak boleh ada bangunan dalam radius dua kilometer di sekitar teleskop radio. Apartemen itu harus dibongkar.

Bersih dan apa saja

Satu demi satu keluarga Maluku meninggalkan kamp. Kiri terakhir tahun 1971. Sebagian besar pergi ke daerah pemukiman khusus, misalnya, Assen atau Smilet. Orba Gorgorem menjelaskan di podcast: “Perpindahan dilakukan secara bertahap, jadi ada semua lowongan di kamp. Pada tahun 1962 kami adalah bagian dari set kedua yang kami berangkat ke Asen. Saya tidak memiliki lingkungan, sangat bersih dan halus. “

Suruh dia pergi

Perpisahan dengan Scottenburg Banyak moluska mengucapkan selamat tinggal pada impian dipanggil Maluku, Maluku. Perpisahan yang juga mengubah kehidupan generasi kedua. Setelah meninggalkan Scottenburg, mereka tinggal di rumah batu, memiliki keluarga sendiri, berbicara bahasa Belanda yang lebih baik daripada bahasa Melayu, memasak kubis Brussel, belajar dan pergi bekerja. Mitzi Halli: “Saya mulai berpikir lebih dan lebih lagi: ‘Di mana sebenarnya?’ Saya mengenal Indonesia dari buku pelajaran sekolah, romantis sekali. Kami belum pernah ke sana. Jadi saya mulai membuat citra saya sendiri tentang apa yang ingin saya lakukan, pendidikan apa yang ingin saya kejar. Perlahan tapi pasti saya pamit. impian orang tua. “

70 tahun

Maluku pertama kali tiba di Belanda pada 21 Maret, tepatnya 70 tahun lalu. Dalam konteks itulah Hilde Polema dan Marjolin Knol membuat kamp podcast Scottenberg untuk Arsip Tren dan RTV Trendy. Ini tentang persatuan, perumahan, kerusakan, mimpi dan bencana kebakaran. ‘Tertava Don Tampa Air Mata’; Dengan senyuman dan air mata.

READ  Semakin banyak siswa internasional datang ke Belanda karena pengendalian epidemi sedang difasilitasi

Podcast Comp Scottenburg # 4: ‘Ucapkan Selamat Tinggal pada Impian Orang Tua Anda’

Lagu podcast didengarkan oleh RTV Trent di acara radio Trente Tone selama empat minggu pertama hari Minggu, 21 Maret di Scottenburg. Anda dapat mendengarkan episode melalui situs web RTV Trendy dan Trends Archive dan di aplikasi podcast favorit Anda.