BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Proyek kontroversial Indonesia “Jurassic Park” berlangsung di Taman Nasional Komodo

Membangun proyek pariwisata Indonesia Dia menyebutnya ‘Jurassic Park’ di media sosial Kementerian lingkungan negara Asia Tenggara melanjutkan pada 5 Agustus, mengatakan bahwa meskipun peringatan UNESCO bahwa proyek tersebut akan berdampak negatif terhadap lingkungan.
Bekerja di beberapa proyek pariwisata di Indonesia Taman Nasional Komodo, Situs Warisan Dunia UNESCO, yang diluncurkan tahun lalu, menimbulkan kekhawatiran tentang ancaman terhadap ekonomi lokal dan taman yang disebut sebagai habitat rapuh komodo.

Bulan lalu, pejabat dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengatakan pada konferensi Komite Warisan Dunia tentang dampak lingkungan baru dari masalah perburuan ilegal dan potensi bahaya terhadap habitat alami komodo.

“Proyek ini akan berlanjut … telah terbukti tidak ada salahnya,” Viratno, seorang pejabat senior di Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, mengatakan kepada Reuters.

Pejabat UNESCO pada pertemuan bulan lalu meminta penilaian terbaru dari pemerintah Indonesia, tetapi tidak mendapat tanggapan. Ferratno mengatakan perkiraan baru sedang disiapkan dan bisa dikirim pada September.

Tidak diketahui saat ini apa yang akan dia lakukan setelah meninggalkan posisi tersebut. Tahun lalu, pemerintah mengatakan akan membuat “tujuan wisata kelas satu” di pulau itu.

Veratno mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa struktur utama proyek tersebut termasuk pekerjaan restorasi dan tidak ada ancaman terhadap landmark Komodo yang langka.

Reema Melanie Platt dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengatakan, proyek tersebut dapat mempengaruhi masyarakat setempat dan mengganggu komodo.

Kami mendesak pemerintah untuk menciptakan pariwisata berbasis masyarakat. Orang-orang tinggal di sana.

Tahun lalu, pengguna media sosial membandingkan proyek tersebut dengan pulau dinosaurus dari film Jurassic Park, dan gambar naga berdiri di depan kendaraan besar dibagikan secara online.

READ  Film: Dimana CRAWDADS bernyanyi

Menurut data pemerintah, ada 3.100 pilot Komodo di Indonesia. Kadal dibedakan tumbuh hingga 3 meter (10 kaki) panjang dan memiliki lidah kuning berduri.