BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan tewas dalam kerusuhan dan penjarahan: Apa yang terjadi di Afrika Selatan?

Dari mana datangnya kekerasan secara tiba-tiba?

“Penyebab langsung dari semua kekerasan adalah hukuman dan penahanan mantan Presiden Jacob Zuma,” kata Houten. Zuma dituduh korupsi tetapi menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan kriminal. Dia bahkan tidak muncul di pengadilan. Ini disebut penghinaan terhadap pengadilan, dan Zuma tidak berterima kasih untuk itu. “Dia sekarang dipenjara selama 15 bulan,” kata Houttuin. Di provinsi KwaZulu-Natal, tempat Zuma berasal dan masih memiliki banyak pengikut, protes dengan cepat berubah menjadi kerusuhan dan penjarahan. Mereka sekarang telah menyebar ke bagian lain negara itu.

Apakah mantan presiden Zuma masih sangat populer?

“Ya,” kata Houttuin. “Antara Afrika Selatan dan di dalam ANC.” Kongres Nasional Afrika – Kongres Nasional Afrika – tetap menjadi partai terbesar di Afrika Selatan, tetapi keanggotaannya berkurang karena perbedaan di dalam partai.

Houttuin: ”Pesta terbagi sampai ke tulang. Di satu sisi adalah kamp Zuma. Di sisi lain adalah kubu Presiden saat ini Cyril Ramaphosa. Dia menggantikan Zuma dan ingin membuat langkah besar dalam memerangi korupsi. Dan bentrokan itu karena Zuma dituduh korupsi. Jadi kedua kubu ANC bertentangan secara diametral. “Ketakutannya adalah ketidaksepakatan ini akan begitu dalam sehingga partai pada akhirnya akan terpecah,” kata Houttuin.

Apakah kelainan itu penyebab lain?

Afrika Selatan harus menjadi salah satu negara terkaya di Afrika, tetapi negara itu sekarang mengalami pukulan ekonomi yang berat. Ada kemiskinan dan pengangguran yang tinggi. Hotwin: Politisi mengklaim bahwa penjarahan hanyalah oportunisme, tetapi banyak ahli berpikir sebaliknya. Mereka mengatakan ini adalah ekspresi dari masalah yang lebih dalam di Afrika Selatan: meningkatnya ketidaksetaraan sosial, dan ketidakpuasan terhadap pemerintah. Ditambah kelesuan ekonomi yang dibawa Corona, dan Anda akan mengerti mengapa begitu sedikit yang dibutuhkan untuk membuat ember meluap. Keputusan Zuma, penangkapan dan protes selanjutnya adalah katalis.”

READ  Tahanan Swedia menyandera penjaga dan memesan pizza

Apa sekarang?

Puluhan orang tewas dalam kekerasan yang meletus di Afrika Selatan dalam beberapa hari terakhir. Korban tewas tertimpa penjarahan massal. Houghton: “Karena polisi tidak bisa menanganinya, militer sekarang dikerahkan. Sejauh ini, sepertinya tidak berhasil.”

Di Afrika Selatan, menteri pertahanan menolak untuk mengumumkan keadaan darurat untuk sementara waktu. Ini akan merampas kebebasan warga negara yang bertindak lebih normal daripada yang diperlukan, menurut menteri.

Setelah sistem dipulihkan, lalu apa?

“Kalau begitu, kebencian di antara para pendukung Zuma masih ada,” kata Houten. Masalah yang mengakar terletak pada akar dari gangguan ini. Dan itu, di negara yang begitu besar dan kompleks, tidak mudah dipecahkan. ”