BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Putin meminjami Belarus $ 500 juta lagi

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Sochi pada hari Jumat dan Sabtu.Foto Reuters

“Masalah pinjaman pemerintah gelombang kedua akhirnya diselesaikan,” berdasarkan informasi dari rekan setia Lukashenko, kantor berita Rusia Interfax melaporkan. Menurut perjanjian tersebut, utang miliaran dolar dalam mata uang rubel Rusia. Belarus sangat berhutang kepada tetangganya yang besar itu, sebagian karena pasokan gasnya.

Putin dan Lukashenko juga sepakat untuk membuka rute penerbangan baru dari Belavia, maskapai penerbangan nasional Belarus, ke kota-kota Rusia. Pesawat Belavia tidak lagi diterima di banyak negara Barat, setelah rezim di Minsk pada tanggal 23 Mei mengalihkan jalur penerbangan Ryanair dengan alasan palsu (ancaman bom).

Jurnalis pembangkang Roman Protasevi ada di kapal itu, antara lain. Setelah penculikan negara, dia dibawa dari pesawat bersama pacarnya, Sophia Sabega, dan ditawan. Nasib mereka ditakuti, begitu pula banyak lawan Lukashenko yang ditangkap.

Sekarang “diktator Eropa terakhir” tidak lain adalah Putin sebagai sekutunya. Juru bicaranya, Dmitry Peskov, mengatakan pada hari Sabtu bahwa kedua pemimpin berbicara terutama tentang “kerja sama ekonomi” dan “memerangi pandemi Corona.” Penerbangan Ryanair dari Athena ke Vilnius dengan persinggahan wajib di Minsk juga dibahas. Lukashenko menceritakan secara rinci apa yang terjadi di pesawat itu, tetapi menurut Peskov dia juga diberitahu bahwa nasib Sabega tidak membuat Moskow acuh tak acuh. Dia orang Rusia berdasarkan kewarganegaraan.

READ  Trump Menjanjikan Bantuan: Membawa Partai Republik Kembali Berkuasa | di luar negeri