BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Indonesia, tetapi dia mungkin akan menghadiri secara virtual di luar negeri

Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G-20 di Bali akhir bulan ini. Presiden Rusia mungkin benar-benar hadir. Kremlin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, menurut Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Kunjungan Putin ke KTT di pulau Indonesia merupakan kunjungan sensitif di Barat. Pejabat pemerintah mengatakan Presiden AS Joe Biden tidak berencana untuk bertemu dengan mitranya dari Rusia di KTT G20.

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan kekuatan ekonomi tahun ini. Ini mendesak negara-negara Barat musim panas lalu untuk menarik undangan Putin ke KTT karena invasi Rusia ke Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga diundang ke pertemuan tersebut. Dia mengatakan pekan lalu bahwa dia tidak akan datang ke Bali jika Putin hadir. Zelensky belum pernah meninggalkan Ukraina sejak perang pecah. Dia kemungkinan akan mengikuti G20 melalui tautan video.

KTT yang akan digelar pada 15-16 November itu diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden China Xi Jinping. China belum mengkonfirmasi kunjungan ke Indonesia. Biasanya, pihak berwenang hanya mengumumkan rencana perjalanan Xi beberapa saat sebelumnya.

READ  Perdagangan dan sejarah, tapi tangan di rumah selama kunjungan kenegaraan ke Indonesia