BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Putra mahkota Saudi mengklaim dia tidak bisa lagi diadili atas pembunuhan Khashoggi

Perdana Menteri Saudi yang baru, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.foto Reuters

Menurut pengacaranya, ini memberinya kekebalan dari penuntutan.

Hatice Cengiz, janda Khashoggi, mengajukan gugatan di Amerika Serikat terhadap bin Salman, negara tempat tinggal kekasihnya, dan untuk surat kabar itu. Washington Post sebuah pekerjaan. Ketika jurnalis itu memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 untuk mengumpulkan surat-surat yang dia butuhkan untuk menikahi Cengiz, dia tidak pernah keluar lagi.

Belakangan ternyata Khashoggi diterima di konsulat oleh regu pembunuh yang diterbangkan khusus. Dia disiksa dan dipenggal dalam rekaman audio. Kemudian tubuhnya dipotong-potong. Tidak diketahui apa yang terjadi padanya setelah itu. Tunangannya tidak dapat menguburkannya.

Investigasi PBB mengungkapkan bahwa Khashoggi dibunuh oleh rekan dekat putra mahkota Saudi. CIA Dia mengatakan dia memiliki bukti bahwa Mohammed bin Salman, demikian putra mahkota Saudi dipanggil, secara pribadi memerintahkannya.

kotak tak tersentuh

Pembunuhan ini membuat bin Salman terisolasi dari Barat untuk waktu yang lama. Namun, karena perang di Ukraina dan kenaikan harga energi, semakin banyak pemimpin yang mencari pemulihan hubungan dengan putra mahkota negara minyak penting itu. Misalnya, Presiden AS Joe Biden berjanji untuk memperlakukan Mohammed bin Salman sebagai “orang buangan” ketika dia menjabat, tetapi dia pergi mengunjunginya musim panas ini, dan memberinya “kotak” yang ramah pada saat kedatangannya.

Selasa lalu, Raja Salman, yang juga perdana menteri Arab Saudi, mengumumkan bahwa dia membuat pengecualian terhadap undang-undang tersebut dan menunjuk putranya sebagai perdana menteri. Ini tidak mengubah keseimbangan kekuasaan di negara itu sendiri: Mohammed bin Salman sudah dilihat sebagai penguasa de facto.

Tetapi waktu penunjukan ini tampaknya telah dipilih dengan cermat: Minggu depan, pemerintahan Biden harus mengumumkan apakah bin Salman memiliki kekebalan di Amerika Serikat. Dalam kasus ini, dia tidak bisa ditangkap begitu menginjakkan kaki di tanah Amerika, karena dia adalah tersangka dalam kasus Khashoggi. Kekebalan ini biasanya diberikan kepada perdana menteri dan raja, dan sekarang, kata pengacara Mohammed bin Salman, putra mahkota juga menjadi kepala pemerintahan.

READ  Hadiah Nobel untuk penemuan dalam mekanika kuantum: 'Sudah lama datang' | Ilmu Pengetahuan