BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ratusan orang mengungsi dari Gunung Merapi di Indonesia | Luar negeri

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia mengatakan pada hari Kamis bahwa ratusan orang telah mengungsi akibat letusan gunung berapi Gunung Merapi di pulau Jawa di Indonesia. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di wilayah tersebut. Letusan terakhir gunung berapi pada tahun 2010 menewaskan 347 orang. Kemudian dua puluh ribu penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Gambar-gambar menunjukkan awan panas naik dari gunung berapi. Seorang juru bicara badan mengatakan bahwa di sepanjang sisi tenggara gunung berapi, campuran lava panas, abu, dan gas telah menempuh jarak hingga 5 km. Abu jatuh di beberapa desa di sekitar gunung berapi.

Sekitar 250 warga kini mencari tempat yang lebih aman. Tingkat peringatan tertinggi kedua gunung berapi tetap berlaku. Area seluas 5 km di sekitar Sungai Merapi telah dibersihkan.

Indonesia terletak pada apa yang disebut Cincin Api Pasifik, daerah dengan banyak aktivitas seismik. Ada 128 gunung berapi aktif di wilayah tersebut.

Letusan besar gunung berapi terakhir terjadi pada bulan Desember, ketika Gunung Semeru, gunung berapi tertinggi di pulau Jawa, meletus, menutupi desa-desa sekitarnya dengan lapisan lumpur yang tebal. Ledakan tersebut menewaskan 48 penduduk desa dan menyebabkan 36 orang hilang. 5.200 rumah dan bangunan hancur.

READ  Ga voor goud: atleten uit deze landen profiteren meer dan alleen medailles