BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ratusan orang Pakistan meninggal karena penyakit banjir | Saat ini

324 orang meninggal di Pakistan karena diare, malaria dan infeksi kulit yang disebabkan oleh banjir parah di negara itu. Pihak berwenang Pakistan memperingatkan, pada hari Rabu, bahwa situasi dapat memburuk jika bantuan yang diperlukan tidak tersedia.

Ratusan ribu orang telah mengungsi dan terpaksa tinggal di luar rumah. Kurangnya fasilitas air minum bersih dan sanitasi, antara lain. Air yang tergenang digunakan sebagai sumber air. Ada juga risiko tinggi mengembangkan masalah kesehatan yang serius.

Fasilitas kesehatan sementara dan rumah sakit bergerak di daerah banjir telah merawat jutaan orang karena penyakit yang ditularkan melalui air. Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa penyebaran penyakit bisa berubah menjadi “bencana kedua”.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada musim panas. Sekitar sepertiga dari negara itu terendam banjir. Ketinggian air sudah menurun di beberapa tempat, tetapi mungkin perlu dua hingga enam bulan lagi sebelum air benar-benar hilang.

Banjir tersebut menewaskan sekitar 1.600 orang. Sekitar 33 juta orang di negara ini telah terkena dampak bencana alam. Kerugian diperkirakan mencapai $30 miliar (30,3 miliar euro).

READ  Mark Rutte memberikan sambutan hangat ke Paris: 'Uni Eropa yang kuat sangat penting untuk memastikan keamanan' | bagian dalam