BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rekam deforestasi dan kekeringan di Amazon, tempat dimulainya musim kebakaran

Area seluas IJsselmeer dibuka di hutan Amazon pada bulan Mei saja. Lokasinya sekitar 41 persen meningkat 41 Dibandingkan tahun lalu, lapor badan antariksa Brasil INPE, yang memantau deforestasi menggunakan satelit. Peningkatan juga telah dilaporkan dalam tiga bulan terakhir.

Jumlahnya sangat mengkhawatirkan, menurut Observatorium Iklim Brasil. Ia menegaskan, Mei merupakan awal musim kemarau yang juga merupakan awal musim penebangan. Jika tren ini berlanjut, Observatorium Iklim mengharapkan rekor jumlah kayu yang akan dipanen pada tahun 2021.

Sudah banyak kebakaran hutan

Di hutan hujan tropis terbesar di dunia, sejumlah besar kebakaran hutan telah meletus dalam sebulan terakhir. Jumlah kebakaran telah meningkat dalam sebulan terakhir, menurut INPE Belum sebesar ini sejak 2007.

“Musim hujan sudah berakhir dan ini adalah musim (kering) yang buruk,” kata Marcello Silucci, ahli meteorologi di National Swimming Institute. kantor berita Reuters. “Mungkin musim kebakaran hutan yang buruk.”

Sedikit hujan turun, terutama di selatan hutan hujan. Para ahli berpendapat bahwa tidak banyak yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan api kecil menjadi kebakaran hutan besar yang sulit dikendalikan setelahnya. Penebangan liar memainkan peran utama dalam hal ini: Hutan hujan yang sehat tetap lembab bahkan setelah musim hujan, tetapi lebih sedikit pohon berarti hutan menjadi lebih kering.

Kebijakan pengurangan iklim

Para pemerhati lingkungan menegaskan bahwa kebakaran Amazon dimulai secara ilegal oleh para petani. Dengan cara ini, petani berharap mendapatkan lebih banyak lahan. Pemerintah tidak terlalu mengganggu mereka: pemerintahan Presiden Bolsonaro melakukan pemotongan besar-besaran dalam kebijakan iklim. Anggaran kementerian yang bertanggung jawab tahun ini Dikurangi 24 persen. Ada juga semakin sedikit uang untuk pengawas yang harus melindungi hutan hujan dan mereka dapat mendenda petani.

READ  Selama 100 hari pertamanya di Gedung Putih, Sleepy Joe Biden mengungkapkan dirinya sebagai presiden yang energik dengan agenda sosial yang radikal.

Penyelidikan polisi dengan Menteri Lingkungan Hidup

Menteri Lingkungan Brasil Ricardo Salles terlibat dalam dua penyelidikan polisi yang sedang berlangsung. Di dalamnya, ia dikaitkan dengan perdagangan besar-besaran kayu yang dipanen secara ilegal.

Investigasi dipusatkan pada insiden pada bulan Desember tahun lalu ketika Salles secara pribadi menyetujui jumlah rekor kayu yang disita, meskipun polisi menetapkan bahwa 65.000 pohon telah ditebang secara ilegal. Kepala polisi daerah saat itu diberhentikan keesokan harinya. Kemudian penggantinya, dengan pengalaman hanya enam bulan, membatalkan penyelidikan. Tapi minggu ini dibuka kembali setelah Mahkamah Agung memutuskannya.

Polisi Federal juga sedang menyelidiki apakah Salis memperoleh keuntungan yang signifikan dari mengekspor sejumlah besar kayu yang dipanen secara ilegal ke Eropa dan Amerika Serikat. Fokusnya adalah pada hampir 1 juta euro yang diterima Salles dalam beberapa tahun terakhir, dan dokumen yang tidak jelas. Polisi melakukan penggeledahan bulan lalu, Termasuk rumah Menteri Salles.

Tindakan pemerintah Bolsonaro di wilayah Amazon telah dikritik sejak menjabat pada 2019, karena peningkatan besar-besaran dalam kebakaran hutan dan deforestasi. Bolsonaro telah lama membela kebijakannya dengan mengatakan bahwa dia ingin kawasan itu maju secara ekonomi, dan bahwa bagian-bagian hutan harus menyerah.

Bolsonaro mengatakan musim semi ini bahwa Brasil ingin menjadi netral energi pada tahun 2050 dan telah menjanjikan penghentian total pembalakan liar pada tahun 2030. Apakah kata-katanya akan diterjemahkan ke dalam tindakan atau tidak. Sehari kemudian, presiden mengumumkan bahwa dia akan Mengurangi kebijakan lingkungan.