BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Reporter Lucas Wagmeister di zona bencana AS: ‘area kehancuran yang luas’

Di enam negara bagian AS yang dilanda badai hebat kemarin, semakin jelas seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan badai itu. Korban tewas di Kentucky, Mississippi, Arkansas, Tennessee, Illinois dan Missouri sekarang setidaknya 84 tewas.

Kentucky sangat terpukul. Korban tewas di sana kini telah melampaui 70 dan diperkirakan akan meningkat. Gubernur Bashir berbicara tentang badai paling mematikan dalam sejarah Kentucky.

‘sektor kehancuran’

Reporter Lucas Wagmeister melakukan perjalanan ke kota kecil Mayfield, Kentucky. Kerusakan di sana terlalu besar. “Anda dapat melihat petak luas kehancuran berjalan di seluruh kota. Di jalan utama ada batu bata berat bangunan yang runtuh dari atas ke bawah,” kata Wagmeister. “Kami melewati sekolah kecil yang benar-benar terangkat oleh angin dan diturunkan di tengah jalan. Kursi dan bangku masih di tempatnya.”

Yang mengejutkannya di zona bencana adalah inkonsistensi. “Di beberapa tempat ada pemusnah massal tetapi seratus meter jauhnya semuanya masih berdiri dan lampu menyala.”

“lambat untuk memulai”

Ia menilai upaya penyelamatan berjalan lambat karena lokasinya terlalu jauh. “Dan itu membuat sangat rumit bagi layanan darurat untuk sampai ke daerah itu dengan peralatan besar.”

Pencarian korban selamat masih dalam penyelidikan. Sejak itu, banyak kru pemadam kebakaran tiba dari bagian lain Kentucky. Mereka melepaskan kabel listrik dari jalan dan membantu petugas pemadam kebakaran setempat dengan pekerjaan penyelamatan.

pabrik lilin

Badai itu juga meruntuhkan atap pabrik lilin di Mayfield. Saat itu hadir 110 orang. Dikhawatirkan puluhan di antaranya tak terselamatkan.

Seorang karyawan mengatakan mereka sibuk membuat lilin liburan siang dan malam ketika badai menerpa mereka. “Seluruh bangunan berguncang. Kemudian terjadi ledakan, dan semuanya runtuh,” kata karyawan Kiana Parsons-Perez.

READ  Serangan hiu fatal pertama di Sydney dalam hampir 60 tahun

Akses jalan ke Pabrik Lilin Mayfield sekarang ditutup. Wagmeister: “Masih ada operasi penyelamatan yang sedang berlangsung tetapi publik berada jauh.”

Penduduk Mayfield mengatakan mereka kaget. “Lingkungan saya telah benar-benar musnah,” kata seorang warga kepada CNN. Kampanye penggalangan dana untuk mereka yang terkena dampak kini telah dimulai. Hari ini, kebaktian gereja khusus diadakan untuk para korban.

Toko

Sedikitnya enam orang tewas setelah atap runtuh di gudang Amazon di Edwardsville, Illinois. Tidak diketahui berapa banyak orang yang berada di dalam gedung ketika tornado menyapu gedung sekitar pukul 20:30 Jumat. Polisi mengatakan sebelumnya bahwa sekitar 50 orang diyakini berada di gudang.

Angin kencang menyebabkan atap gudang dan dinding beton runtuh dan menimpa pekerja. Tim penyelamat tidak dapat segera memulai pencarian karena tanah terendam banjir dan ada risiko sengatan listrik. Angin masih bertiup kencang, membuat penyelamatan semakin sulit.

Kolega dan kerabat dengan cemas menunggu berita di gudang. Salah satunya adalah Emily Epperson, pegawai pengiriman Amazon berusia 23 tahun, yang rekannya masih hilang. “Kami sangat prihatin karena kami pikir itu sekarang akan ditemukan,” katanya.

CEO Amazon Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan dia sedih dengan apa yang terjadi. Dia menulis dalam sebuah pernyataan bahwa itu akan membantu karyawan.

Setidaknya 22 tornado dihitung kemarin. Beberapa kecepatan angin mencapai lebih dari 300 kilometer per jam. Lucas Wagmeister mengatakan mungkin ada banyak korban karena negara-negara bagian benar-benar terkejut oleh badai tersebut. “Anda tidak dapat memprediksi badai dengan baik. Badai datang pada malam hari dan tiba-tiba kekuatan alam yang luar biasa ada di sekitar Anda.”

READ  Kepala intelijen militer Belgia kehilangan pekerjaan karena urusan Koenings