BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Richard Bell menjabat sebagai juru bicara Global South di Eindhoven dan Kassel

Richard Bell menjabat sebagai juru bicara Global South di Eindhoven dan Kassel

Karya seniman Richard Bell saat ini dipajang di Van Abbemuseum dan Documenta di Kassel. Di kedua tempat itu, dominasi kulit putih Eropa di dunia seni dipertanyakan. Ini konfrontatif dan mengarah ke diskusi panas. Sama pentingnya dengan kesabaran.

melalui Karina van der Walt (teks dan gambar)

Melalui kontak: Richard Bell Ini adalah pameran musim panas di Van Abbemuseum di Eindhoven. Di sini sinar matahari jatuh pada karya politik seniman Aborigin Australia. Sederhana namun percaya diri, Bill (1953) berusia enam puluh sembilan tahun dari Brisbane memaksa publik untuk mempertimbangkan pelanggaran hak-hak dasar rakyatnya di ujung selatan, suku Aborigin. Tak disangka, tahun ini juga menjadi pengisi suara artis dari Asia, Afrika dan Amerika Latin dengan nama “Global South”. tautan silang Ini adalah pameran tunggal pertamanya di Eropa. Pameran ini terdiri dari empat lukisan besar, sebuah video, meja kotak-kotak dan, bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak, brosur dengan dua artikel dari tahun 2002 dan 2020. Lukisan abstraknya yang berwarna cerah adalah pernyataan yang berurutan dan bersama-sama mereka juga mencakup satu periode. dari dua puluh tahun. Seni lonceng dasar.

Richard Bell pada frase WHITE LIES MATTER pada pembukaan ‘Cross Connection: Richard Bell’ di Eindhoven. Nama lukisan ini adalah All Lives Matter (Part 2) dari tahun 2022.
Kata-kata SENI ABORIGINAL Ini adalah benda putih yang merujuk pada fakta bahwa orang Barat suka membeli karya seni Aborigin. Nama lukisan warna-warni di Eindhoven ini adalah “Lonceng Teori: koi bono? (2022).
Meja dengan ukiran dari TEOREMA BELL siap untuk diskusi kelompok di Eindhoven.

Kastil

Hal-hal yang sangat berbeda sekarang di Documenta 15 di Kassel. Sekali lagi, Bell tidak menampilkan delapan panel kartun berwarna cerah, perlakuannya terhadap urinoir Marcel Duchamp dan tenda sederhananya untuk digunakan sebagai kedutaan aborigin. Tenda ini didirikan untuk umum di depan Fridericianum di Friedrichsplatz. Namun, di Kassel, bukan hanya karya Bell tetapi karya dari 1.500 seniman yang berpartisipasi berada dalam bahaya hujan salju di bawah beban gejolak yang muncul di sekitarnya. Ruangrupa – Kelompok terkemuka dari Indonesia mewakili Global South. Seni mengancam untuk menghilang dari bawahnya.

Tenda “Kedutaan Penduduk Asli” (2022) didirikan di depan Fredericianum di Kassel – tempat di mana ruang dibuat untuk seniman paling mencolok dari setiap manifestasi artistik.

Kata kunci yang membuat Dokumenta 15 berbeda dari semua versi sebelumnya adalah “kolektif”. Kekuatan kolektif adalah pusat tahun ini dan memainkan peran yang lebih besar daripada bakat artistik individu. Meskipun Bill juga anggota grup PoppaSekarang Dia salah satu dari sedikit artis yang mendapatkan perhatian solo di sini. Ia pun tak segan-segan membuat pernyataan tentang Dokumenta 15. “Jika kelompok Indonesia ini tidak diminta untuk merakit sebuah Documenta, kami tidak akan bisa memamerkan karya kami. Kurator Barat tidak akan pernah mengundang kami.” Dan juga: “Kolektif adalah dasar seni, dulu dan sekarang. Secara kolektif, ini tentang kepentingan yang lebih besar dan penyampaian pesan.” Dia mengatakan ini dalam sebuah wawancara dengan Toef Jaeger di NRC Handelsblad pada 30 Juni.

READ  Twitter mengumumkan game paling populer untuk paruh pertama tahun 2022

sembuh

Documenta 15 tahun 2022 berkisah tentang era pra-Corona, di mana seni dirusak oleh seniman individu yang diakui dengan harga selangit, dan era pasca-Corona di mana kelompok seniman menggunakan upaya serius untuk menyembuhkan untuk membebaskan seni dari seni. Tangan yang adil dan modal.

Berbicara tentang kebebasan artistik dan universal adalah tujuan awal seniman Arnold Bode yang mendirikan Documenta pada tahun 1955. Sebagai kota tuan rumah, Kassel terletak sangat ideal karena lokasinya yang dekat dengan Tirai Besi pada saat itu. Bodhi ingin memasuki dunia ke dalam dialog. Ini juga merupakan maksud dari Ruangrupa, yang dipilih “karena pendekatan partisipatif mereka. Pada saat inovasi terutama bergantung pada organisasi independen dan berkolaborasi”, panitia seleksi Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan pada 16 Juni. Golongan Indonesia tidak menampik ide idealis Bodhi. Seni dan dialog kini membuka kembali jendela dunia.

Apa yang dilakukan ruangrupa sehingga Dokumenta 15 berakhir di badai? Pada bulan Januari, awan petir sudah naik Ruangrupa panggilan dari Masalah pendanaan – Sekelompok seniman Palestina yang tumbuh di pusat budaya di Ramallah dinamai Khalil Sakakini, seorang simpatisan anti-Zionis dan anti-Zionis. Sejarah kelompok ini dipertanyakan dari perspektif Barat, tetapi hari ini masih termasuk dalam Documenta 15, untungnya dengan sedikit atau tanpa seni “kontroversial”. Ini adalah kelompok lain dari Yogyakarta yang terbakar.

permintaan maaf

Dua detail kecil dari pekerjaan ekstensif sebelumnya Tring Sobat Mereka diklasifikasikan sebagai anti-Semit. di keadilan rakyat (2002) Yang pertama berkaitan dengan gambar seorang tentara Israel dengan kepala babi di bawah helm Mossad, sementara pita dengan Bintang Daud diikatkan di lehernya. Foto kedua menunjukkan seseorang dengan cerutu dan gigi setan di mulutnya, di samping wajahnya terlihat dua kerutan lurus dan di atas kepalanya topi khas Yahudi dengan lambang SS. Letakkan pekerjaan seperti ini di Jerman dan Anda akan mengalami masalah. Awalnya, triptych ini ditutupi dengan terpal hitam. Itu tidak lama sebelum itu benar-benar dihapus. namun, keadilan rakyat Dengan banyak karakter satir dan slogan-slogan politik yang sebelumnya dihadirkan tanpa masalah di Australia dan China. Tring Buddy telah meminta maaf kepada parlemen Jerman di media sosial dan di harian Die Zeit.

READ  Dana Koolhoven memberikan uang untuk film thriller Musim Panas 2024 - Wel.nl

Namun, Jerman semakin goyah keadilan rakyat. Kanselir Olaf Schulz tidak akan mengunjungi Documenta untuk pertama kalinya dalam tiga puluh tahun, dan Menteri Kebudayaan Jerman Claudia Roth menyatakan: “Kebebasan artistik menemukan batasnya di sini.” Presiden Frank Walter Steinmeier mengkritik fakta bahwa tidak ada artis Israel yang diundang. Sabine Schuermann, direktur Documenta 15, telah mengundurkan diri.Seniman Jerman Hetto Staeler telah menarik karya seninya. Penulis Eva Minas menyimpulkan dalam “Der Spiegel”: “Perdebatan di Jerman memanas.”

Richard Bell menyusun salinan baru urinoir Marcel Duchamp dari tahun 1917 sebagai kritik terhadap seni Barat di dekat jamban. Balon berisi helium tak lagi sarat kritik pada Selasa, 12 Juli. ‘Western Art’ (2020-2022) masih memiliki dua setengah bulan lagi jika Documenta 15 tidak dihentikan sebelum waktunya.

Senada dengan komentar Minas, Ninky Verschoren, reporter NRC di Kassel bertanya-tanya. “Apakah benar-benar ada penyensoran, seperti yang ditakuti oleh beberapa kritikus dan pengunjung Documenta, hancurnya ortodoksi Jerman dengan mengorbankan kebebasan artistik?” Sebagai tanggapan relatif di Belanda, Lisbeth Blake dan Gertjan Vogt menulis: “Documenta tetap menjadi apa yang pernah didirikan Budd: tempat di mana sejarah dan sudut pandang bertabrakan.” Sandra Smallenberg menyimpulkan: “Selama seratus hari, dengan program yang murah hati, komprehensif dan anti-elitis ini, mereka (Ruangrupa) benar-benar menawarkan alternatif dari sistem seni Barat yang ketat dan kapitalis.”

payung pantai

Di Bell’s Tent sebagai Kedutaan Aborigin di Friedrichsplatz, kelompok menonton dan mendengarkan dengan seksama film dan diskusi tentang perampasan tanah di Australia dan tentang hak-hak dasar bagi masyarakat Aborigin. Sebelumnya di Eindhoven Bell memberitahuku setelah pembukaan tautan silang Bahwa kedutaan pertamanya bukanlah tenda, tetapi payung. Matanya yang berbinar menggangguku. Apakah dia bermain? Memasuki Fredericianum, saya terkejut melihat lukisan ceria payung kuning yang berisi kata-kata Kedutaan Adat.

Di pintu masuk ke Hotel Fredericianum, “Umbrella Embassy” Bell yang ceria digantung. (2021).

Seorang penggerutu Selatan, Bill memiliki rasa kebersamaan yang kuat serta selera humor. Dalam penataan partisipasi artistik saya mengambil bukunya dari lukisan di Kassel Bagaimana cara memulai buku? (2022) dan saya senang tentang itu.

READ  Beginilah cara Muslim di seluruh dunia memulai Ramadhan | sekarang
Lukisan Bill How to Shoot a Book (2022) bagi banyak penggemar karyanya di Kassel merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengambil selfie di mana Anda mengambil buku atau melemparkannya kembali.

Tentang interpretasinya tentang urinoir Marcel Duchamp – Air mancur Dari tahun 1917 – Bell berkata, “Urine balon ini menunjukkan seni Barat: kembung, berlebihan, dan mengkilap, dengan babi mewakili babi kapitalis yang menjalankan pasar seni.” seni barat (2020-2022) main-main di dekat toilet. Kemudian, di ruang bengkel di lantai tiga Hafenstrasse 76, saya mengisi papan tulis dengan kata-kata “Tidak ada yang memiliki keadilan” dengan “satu-satunya hak istimewa”. Kontribusi sederhana ini membuat saya dalam suasana hati yang baik.

berbohong

Satu-satunya lukisan karya Bell di Kassel yang sesuai dengan lukisan di Eindhoven mengandung kata-kata umum Kebohongan putih itu penting. Di Kassel, sepiring balok dan garis vertikal berwarna putih, kuning muda, pasir dan krem ​​tergantung di tangga. Di Eindhoven, versi vertikal dengan dua lingkaran besar berwarna krem, ungu dan merah muda tergantung di pintu masuk Galeri Bell. Pengiriman jauh lebih sulit jika Anda menghadapi bisnis secara langsung. Sepertinya papan putih.

“Semua Kebohongan Penting” pada 2022. Diubah menjadi “Pertanyaan Kebohongan Putih” di Documenta di Kassel.
Panel Bell berinteraksi dan kata-katanya sering dipertukarkan.

Bill mengatakan kepada Eindhoven bahwa Eropa Barat lebih tenang daripada Australia, dengan “garis yang berbeda”. Mungkin ini suasana di era pasca-Corona kita? Selama diskusi panel, dia dihadapkan dengan pilihan: “Harapan lebih banyak, lakukan lebih sedikit, atau kurangi harapan, lakukan lebih banyak?” Bill dengan cepat memilih: Lebih banyak pekerjaan. Tetapi pertanyaan yang sama diajukan dengan cara yang berbeda: “Jika kita berharap lebih sedikit, apa yang harus kita harapkan?” Dia tertawa: “Saya sangat sibuk melakukan sesuatu.” Dia kemudian menambahkan, “Perubahan tidak terjadi begitu saja. Kita bisa menunggu, kita pribumi, dan kita tahu bagaimana menunggu.”

“Cross Connection: Richard Bell”, hingga 4 Desember 2022 di Van Abbemuseum, Eindhoven.

https://vanabbemuseum.nl

Documenta 15, hingga 25 September 2022 di Kassel, Jerman.

www.documenta.de/#

https://richardbellart.com

ruangrupa .site

© Brabant Cultural 2022