BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“RockYou2024” adalah kebocoran terbesar yang pernah ada dengan 10 miliar kata sandi

“RockYou2024” adalah kebocoran terbesar yang pernah ada dengan 10 miliar kata sandi

Apakah Anda salah satu orang yang menggunakan kembali kata sandi berkali-kali untuk situs berbeda? Maka mungkin sudah waktunya untuk mengubah kata sandi Anda. Ada dokumen yang beredar di Internet yang berisi kurang lebih 10 miliar password.

Sebuah file teks yang berisi setidaknya 9.948.575.739 – hampir 10 miliar – kata sandi telah beredar di forum peretas online sejak 4 Juli. berita internet Dia menemukan file tersebut secara tidak sengaja, yang diberi nama “rockyou2024.txt”. Menurut peneliti, beberapa kata sandi ini sudah pernah bocor sebelumnya, namun file tersebut juga berisi detail login baru yang belum pernah bocor sebelumnya.

Bukan pertama kalinya

File tersebut diunggah oleh pengguna bernama “ObamaCare.” Pengguna yang aktif di forum hacker tersebut sejak Mei 2024 ini sebelumnya sempat mengunggah sejumlah dokumen. Firma hukum Simmons & Simmons, antara lain, telah menyaksikan peningkatan pengajuan karyawan secara online. Peretas juga memposting rekaman Rowan College, sebuah sekolah Amerika, secara online. Dokumen RockYou2024 berisi beberapa data ini, tetapi juga berisi banyak data baru. RockYou2024 juga didasarkan pada versi 2021, yang saat itu memiliki 8,4 miliar kata sandi.

Para peneliti tidak peduli, menyebut kebocoran ini sebagai “kumpulan kata sandi terbesar” yang pernah diposting di Internet. Dengan cara ini, peretas mengulangi trik mereka pada tahun 2021. Para peneliti mencatat bahwa ini adalah kata sandi asli, yang sebenarnya digunakan untuk banyak akun online.

Awal tahun ini, banyak kata sandi muncul secara online dalam apa yang disebut “Mother of All Abuse” (MOAB). Pada saat itu, ini melibatkan sekumpulan data yang sebelumnya telah bocor, namun telah dikumpulkan secara online. RockYou2024 menyertakan kata sandi yang diekstraksi sendiri oleh penjahat, termasuk beberapa akun media sosial. Apalagi di MOAB ada banyak data di database beberapa kali. Namun tidak demikian halnya di sini: hampir 10 miliar kata sandi dalam database ini bersifat unik.

READ  Google menambahkan reaksi emoji ke Google Meet - Komputer - Berita

Artikel yang luar biasa


Data dari 26 miliar akun tersedia di Internet

Lindungi dirimu sendiri

Kebocoran besar seperti ini membuka peluang terjadinya penyalahgunaan, terutama dalam bentuk “penjejalan kredensial”. Penjahat dunia maya mencoba menggabungkan kata sandi dan alamat email Anda di sebanyak mungkin situs, dengan harapan kata sandi tersebut akan muncul berkali-kali. Inilah salah satu alasan Anda tidak boleh menggunakan kembali kata sandi: ini adalah salah satu cara termudah bagi penjahat dunia maya untuk mengakses akun Anda.

Selain menggunakan kata sandi unik, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyalahgunaan. Sejauh ini pilihan terbaik adalah berhenti menggunakan kata sandi dan beralih ke kunci sandi. Kunci akses ini khusus untuk perangkat yang Anda gunakan, sehingga sulit untuk dicuri. Sebaiknya siapkan juga 2FA atau MFA untuk sebanyak mungkin akun. Dengan cara ini, kata sandi Anda tidak akan pernah cukup untuk mengakses akun Anda, sehingga Anda dapat menggunakan Internet dengan lebih percaya diri.