BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham Asia mengalami arus masuk asing terbesar dalam tiga bulan

Saham Asia mengalami arus masuk asing terbesar dalam tiga bulan

Data dari bursa saham di India, india, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam menunjukkan bahwa orang asing membeli $872 juta dalam bentuk saham bersih di bulan April – pembelian bulanan terbesar sejak Januari.

Harapan pengetatan Fed lebih lanjut meredup baru-baru ini karena kegagalan tiga bank regional AS memicu kekhawatiran resesi, sementara suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya pinjaman untuk bisnis dan konsumen.

Investasi asing bulanan mengalir ke saham Asia, https://www.reuters.com/graphics/ASIA-EQUITY/ASIA-EQUITY/klpygnjogpg/chart.png

Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin pada hari Rabu, seperti yang diharapkan, dan mengatakan mungkin menunda kenaikan lebih lanjut untuk memberi pejabat waktu untuk menilai dampak dari kegagalan bank baru-baru ini dan tren inflasi.

Kelemahan apa pun di saham Asia karena kekhawatiran resesi di Amerika Serikat akan menjadi peluang bagi investor untuk meningkatkan eksposur mereka ke kawasan berkat faktor-faktor pendukung seperti pemulihan China, perkiraan penurunan dari deflasi, kata Chetan Seth, analis ekuitas di Nomura. di sektor teknologi dan rebound pendapatan yang kuat pada tahun 2024.

Perusahaan Asia mengalahkan ekspektasi pendapatan bersih sebesar 3% pada kuartal Maret, menurut data Refinitiv.

Saham India menerima $1,42 miliar arus masuk bersih dari luar negeri, terbesar sejak November 2022, di balik reli saham domestik. Saham India adalah yang berkinerja terbaik di kawasan ini bulan lalu, dengan indeks Nifty 50 naik 4,1%, kenaikan bulanan terbesar sejak November 2022. Orang asing juga membeli saham Indonesia, Korea Selatan, dan Filipina masing-masing seharga $830 juta, $616 juta, dan $34 juta. masing-masing. Sementara itu, penjualan bersih Taiwan mencapai $1,73 miliar dan saham Thailand mengalami arus keluar $231 juta.

READ  Ukraina bukan untuk perdamaian

Yeap Jun Rong, ahli strategi di IG, mengatakan fakta bahwa dolar AS tetap mendekati level terendah tahun-ke-tahun juga membantu saham pasar berkembang di Asia.

Dolar turun 0,94% terhadap sekeranjang mata uang global utama untuk bulan kedua berturut-turut di bulan April karena ekspektasi kenaikan suku bunga Fed berkurang.