BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Satelit melihat goyangan bintang, setelah itu para astronom membuat penemuan yang menarik

Satelit melihat goyangan bintang, setelah itu para astronom membuat penemuan yang menarik

Bintang yang dimaksud tampaknya memiliki planet ekstrasurya yang sangat besar. Ini adalah salah satu dari sedikit planet ekstrasurya yang diamati secara langsung hingga saat ini. Tapi itu mungkin akan berubah sekarang.

Sementara itu, para astronom telah melacak lebih dari 5.000 exoplanet. Namun, kebanyakan dari mereka tidak difilmkan secara langsung. Para peneliti biasanya mengandalkan metode tidak langsung, dan menyimpulkan keberadaan sebuah planet di luar tata surya dengan melihat bintang induknya, berharap untuk menyaksikan penurunan kecerahan bintang sesaat. Teleskop luar angkasa Gaia dapat mengubah ini. Karena berkat satelit ini, para peneliti menemukan bintang yang “goyah”, setelah itu para peneliti melihat planet ekstrasurya yang benar-benar raksasa muncul di depan mata mereka.

(secara tidak langsung
Seperti disebutkan, ada dua cara para astronom mencari planet ekstrasurya: secara langsung dan tidak langsung. Secara historis, sebagian besar exoplanet telah ditemukan menggunakan metode tidak langsung. Langsung berarti teleskop benar-benar melihat planet ini. Saat ini, dari ribuan exoplanet yang kita kenal, hanya dua puluh yang telah dicitrakan secara langsung. Tidak mengherankan jika jumlahnya sedikit. Sangat sulit untuk melihat exoplanet dengan teleskop yang ada. Untuk mendapatkan gambaran yang bagus tentang mereka, planet ekstrasurya harus berada lebih jauh dari bintang induknya dan juga jauh lebih besar dari Jupiter, planet terbesar di tata surya kita. Sayangnya, alam semesta tidak membuat banyak planet ini.

bintang yang bergoyang
Tapi mungkin Gaia membuat pengamatan langsung terhadap planet ekstrasurya sedikit lebih mudah sekarang. Dengan teleskop ini, para astronom telah memindai langit malam, mencari bintang-bintang yang bergoyang di langit. Ketika sebuah planet mengorbit sebuah bintang, bintang tersebut berosilasi bolak-balik, menambah atau mengurangi kecepatan relatifnya relatif terhadap Bumi. Jadi bintang goyah bisa mengkhianati keberadaan planet.

READ  Alienware: Core GPU hilang di laptop m15 R5 karena kesalahan BIOS - Komputer - Berita
Astronomi adalah metode untuk menentukan pergerakan bintang dengan mengukur posisinya secara akurat di langit. Teknik ini dapat digunakan untuk menemukan planet di sekitar bintang ini. Karena ketika para astronom mengukur perubahan kecil pada posisinya, mereka tahu sebuah bintang mungkin menjadi rumah bagi sebuah planet. Foto: ESA, CC BY-SA 3.0 IGO

Setelah studi menyeluruh dari data yang dikumpulkan, para peneliti telah menemukan sejumlah bintang bergoyang yang menjanjikan, yang mungkin merupakan rumah bagi planet raksasa. Kemudian mereka menuju Teleskop Subaru yang terletak di Pulau Hawaii. Dan tidak lama kemudian, mereka menemukan sebuah planet ekstrasurya besar yang mengorbit bintang HIP 99770.

Penemuan HIP 99770 b. Foto: T. Currie (Subaru/UTSA)

pinggul 99770b
Planet ekstrasurya yang baru ditemukan diberi nama HIP 99770 b dan lebih dari enam belas kali massa Jupiter, tulis para peneliti dalam jurnal tersebut. Ilmu. Sebuah planet ekstrasurya mengorbit bintang sekitar dua kali massa matahari kita. Meskipun orbit planet ini lebih dari tiga kali orbit Jupiter mengelilingi Matahari, ia menerima jumlah cahaya yang kira-kira sama dengan Jupiter karena bintang induknya jauh lebih terang daripada bintang kita.

Planet ekstrasurya yang baru ditemukan. Foto: ESA, CC BY-SA 3.0 IGO

Membedakan
Dengan penemuan ini, para peneliti telah menunjukkan bahwa dengan bantuan Gaia, dimungkinkan untuk mencitrakan exoplanet secara langsung dengan cara yang jauh lebih mudah. Ini adalah langkah maju yang penting. Selain itu, penemuan HIP 99770 b juga memiliki implikasi yang lebih luas. “Ini tidak hanya menunjukkan bagaimana kita dapat mendeteksi lebih banyak exoplanet, tetapi juga bagaimana kita dapat mengkarakterisasi mereka dengan lebih baik,” kata Thain Currie, rekan penulis studi tersebut. Ini karena metode pendeteksian langsung dan tidak langsung memberikan informasi yang berbeda tentang planet ini. Menggunakan metode langsung, para astronom dapat secara akurat menentukan suhu dan komposisi planet. Sedangkan metode tidak langsung memberikan pengukuran massa dan orbit yang akurat, apalagi jika kemudian dipadukan dengan pengukuran posisi planet melalui pengamatan langsung.

Studi tindak lanjut
Singkatnya, kombinasi data Gaia dengan pengamatan dari Teleskop Subaru memberi para astronom yang terbaik dari kedua dunia. Dan ini baru permulaan. Sekarang para astronom mengetahui planet itu ada dan juga terlihat, teleskop lain dapat mengambil tugas menganalisis cahaya lebih jauh. Curie percaya bahwa “penemuan planet ini akan mengarah pada lusinan studi selanjutnya.”

READ  Xbox membuat Forza Motorsport dapat dimainkan untuk pemain tunanetra

Selain itu, banyak penemuan kemungkinan besar akan datang. HIP 99770 adalah salah satu bintang pertama yang dipelajari. Currie dan timnya sedang menganalisis data dari sekitar 50 bintang lainnya. Dan apa yang telah mereka lihat sejauh ini menunjukkan bahwa penemuan planet ekstrasurya yang sampai saat ini belum diketahui sedang dalam proses.