BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saya dibesarkan di sana – Sargasso

Analisis – Pada tahun 2014 saya menulis artikel tentang pertempuran global di dasar pasar energi. Pertempuran berkecamuk antara pemasok energi fosil dan pemasok energi berkelanjutan. Pada tahun-tahun berikutnya, banyak hal telah terjadi dan harga untuk penyimpanan tenaga angin, matahari, dan energi terus turun di seluruh dunia.

Pengembangan pembangkit listrik tenaga batu bara di seluruh dunia

Pipa pembangkit listrik tenaga batu bara menyusut di seluruh dunia dan produksi energi batu bara terus berlanjut sejak 2014, meskipun produksi tenaga batu bara global terus meningkat. Ini berarti bahwa lebih sedikit listrik yang dihasilkan per pembangkit listrik tenaga batu bara, yang mengurangi faktor kapasitas rata-rata dan dengan demikian lebih sedikit uang yang diperoleh dari pembangkit listrik tenaga batu bara.

Total kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara yang telah diminta atau diberikan izin dan sedang dibangun, telah turun tajam sejak 2014. Tekanan pada investor (bank, dana pensiun, dan manajer aset) dan perusahaan asuransi untuk penarikan Pembiayaan berbahan bakar batubara terus tumbuh.

Kontraksi kapasitas batubara yang sedang dibangun diimbangi dengan peningkatan kapasitas yang telah dibatalkan dan penghentian. Pemadaman belum membuat kemajuan apa pun, tetapi fakta bahwa kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara yang terbengkalai telah meningkat sejak 2014 adalah langkah pertama yang bagus. Beberapa tahun lalu, Asia Selatan dan Tenggara khususnya diharapkan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Sementara itu, pemerintah Bangladesh, Filipina, Vietnam, dan Indonesia telah mengumumkan rencana untuk membatalkan rencana pembangkit listrik tenaga batu bara 62 gigawatt. Namun, jaringan pipa tenaga batu bara telah menurun hingga 80% sejak 2015, menurut laporan tersebut Monitor Energi Global di Boom dan Post 2021. Juga Carbon Brief Pertengahan tahun 2020 bukanlah gambaran cerah dari sektor batu bara. Daripada satu Analisis emisi Dia menjelaskan penurunan tenaga batu bara di negara-negara G20 terus berlanjut hingga 2020, sementara energi angin dan matahari tumbuh dengan kuat.

Infrastruktur gas dan fosil sedang diserang

Pertempuran melawan energi baru berbahan bakar batu bara terus menarik banyak perhatian. Aktivis kini semakin mengalihkan perhatian mereka pada gas alam dan infrastruktur fosil. Misalnya, Amerika Serikat telah berjuang selama bertahun-tahun untuk tidak membangun jaringan pipa dari Kanada ke kilang AS. Secara khusus, pembangunan Keystone XL, jalur pipa yang seharusnya mengangkut minyak pasir ter dari Kanada ke Amerika Serikat, telah diperselisihkan selama bertahun-tahun. Trump mengizinkan proyek itu, Presiden Biden menariknya awal tahun ini. Sekalipun presiden baru terus memberikan izin dalam empat tahun, pertanyaannya adalah perusahaan mana yang akan berinvestasi dalam proyek yang mungkin terkena intervensi presiden setiap empat tahun. Energi TC, Pengembang proyek, menunjukkan bahwa dia sedang mempelajari keputusan tersebut, tetapi juga menyatakan bahwa dia tidak lagi ingin mengumpulkan uang untuk proyek tersebut. Proyek mana yang tampaknya akan selesai.

Pertumbuhan listrik hijau

Sejak 2014, produksi listrik ramah lingkungan telah meningkat pesat di seluruh dunia. Sementara itu, perusahaan energi yang telah banyak berinvestasi dalam listrik ramah lingkungan termasuk di antara perusahaan energi yang paling menarik di Amerika Serikat dan Eropa untuk diinvestasikan. mereka juga Enel, Iberdrola, dan NextEnergy Yang memiliki kapasitas listrik hijau terbesar. Dari perusahaan energi besar, hanya BP dan Total yang tampak serius mengejar ketertinggalan.

Ketika datang ke tenaga surya off-grid, pasar masih berkembang. Menurut “ Laporan Tren Pasar Tenaga Surya Off-grid 2020 ” yang dikeluarkan oleh Bank Dunia Sekarang pasar $ 1,75 miliar per tahun yang telah mencapai 420 juta pengguna dan masih terus berkembang. Menurut Bank Dunia, pasar juga menjadi lebih matang, dengan solusi seperti pompa air, pendinginan, dan pasar baru lainnya yang bermunculan. Untuk tujuan pembangunan sosial Energi yang terjangkau dan berkelanjutan dalam jangkauan semua orang Menurut Bank Dunia, diperlukan pembiayaan tambahan sebesar $ 6,6 hingga $ 11 miliar.

Kebetulan, energi off-grid tidak lagi menjadi pasar untuk startup kecil sendirian. Perusahaan energi besar juga bangkit dalam beberapa tahun terakhir dan menciptakan peluang pasar. Misalnya, ENGI mengambil alih tahun 2019 Mobisol Dengan demikian telah menjadi pemimpin pasar dalam energi matahari off-grid di Afrika. Juga Yayasan Matahari, Saat saya melakukan kampanye crowdfunding pertama saya di Offgrid solar pada tahun 2013, kampanye ini masih terus berkembang:

Saya dibesarkan di sana

Berhentilah mengeluh tentang penurunan pembangkit listrik tenaga batu bara dan perkembangan global dalam energi matahari dan angin. Sudah waktunya untuk satu orang Perbarui tinjauan pribadi saya dengan investasi Ada yang bersemangat. Mari kita mulai dengan investasi yang sudah lunas. Tinjauan ini tidak mencakup hampir 8 proyek Sunfunder yang saya mulai. Ini adalah proyek situs web yang masih saya gunakan untuk berinvestasi dalam energi surya di luar jaringan: lingkunganDan Merevitalisasi AfrikaDan tolong aku Di Tren.

Setelah Sunfunder, ia menginvestasikan total tujuh proyek, dan dananya telah dilunasi sepenuhnya. Selain itu, telah berinvestasi di 35 proyek yang belum dibayar penuh. Sebagian kecil dari mereka bermasalah dengan pembayaran, sebagian disebabkan oleh Corona.

Akhirnya, saya telah meminjamkan uang ke 12 proyek yang belum membayar apa pun. Dengan proyek lingkunganPasalnya, proyek tersebut belum sepenuhnya didanai. Proyek Merevitalisasi AfrikaDan tolong aku Di Tren Sudah didanai penuh, tetapi baru-baru ini. Jadi kami masih harus menunggu pembayaran pertama.

kesimpulan

Meskipun Corona, melunasi investasi energi surya saya di tempat lain berjalan dengan baik. Tentu saja, kinerja masa lalu tidak menjamin masa depan. Pada saat yang sama, senang melihat mereka Dugaan saya dari tahun 2014 bahwa pembangkit listrik tenaga batu bara bukanlah jawabannya Sebelum kekurangan energi di bagian bawah pasar energi mulai muncul. Jika Anda melihat kapasitas keseluruhan pembangkit listrik tenaga batu bara di seluruh dunia, sangat lambat. Jika Anda melihat pertumbuhan tenaga surya off-grid atau jumlah rencana pembangkit listrik tenaga batu bara yang dibatalkan, momentumnya masih terbangun. Meski masih sangat sedikit di atas.

Saya bukan penasihat investasi atau penasihat keuangan dan saya juga tidak menerima manfaat khusus apa pun, tetapi saya dengan hangat mengundang pembaca untuk juga berinvestasi dalam energi surya (offgrid) melalui lingkunganDan Merevitalisasi AfrikaDan tolong aku Dari Tren. Harap diperhatikan: Hanya uang yang dapat Anda simpan dan ingat bahwa risiko (mata uang) adalah signifikan. Selalu ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan kembali modal yang diinvestasikan.

READ  Hilangnya hutan hujan tropis akan meningkat secara dramatis pada tahun 2020: area seluas Belanda yang ditebang atau dibakar