BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekali lagi kapsul waktu di pangkalan Jenderal Lee dibuka: Tidak ada gambar Lincoln yang mati

Sebuah peti misterius telah ditemukan di dasar patung Jenderal Robert E. Lee yang kontroversial di Virginia, AS. Ini adalah kapsul waktu. Menurut kurator, peti tembaga itu berisi buku, koin, amunisi, dan dokumen. Peluru dari Perang Saudara Amerika juga telah ditemukan.

Peti itu juga berisi koin dan bendera Konfederasi, negara bagian selatan yang berjuang untuk kemerdekaan dan mempertahankan perbudakan dalam Perang Saudara Amerika (1861-1865).

Peti di ibu kota, Richmond, sudah lama digeledah. Menurut arsip, ketika patung itu didirikan pada tahun 1887, sebuah peti disembunyikan di alasnya. Puluhan tokoh dan organisasi terkemuka mengumpulkan enam puluh buah. Peti yang ditemukan sekarang tampaknya sesuai dengan deskripsi itu, menurut kepala wali Virginia.

Kotak yang beratnya sekitar 16 kilogram itu ditempatkan di sebuah lubang kecil di alasnya. Sejarawan mengatakan ada sedikit air, tapi itu “bukan sup”. Menurutnya, keadaan lebih baik dari yang diharapkan. Diyakini peti itu juga berisi foto langka Presiden Lincoln yang terbunuh di peti matinya, tetapi ternyata dia tidak ada di sana.

READ  AS dan Inggris menuduh Taliban kemungkinan melakukan kejahatan perang: Puluhan warga sipil tewas | luar negeri