BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seorang pengusaha Amerika dijatuhi hukuman penjara 5,5 tahun yang ditangguhkan oleh hakim Rusia | luar negeri

Pengusaha Amerika Michael Calvey dijatuhi hukuman penjara 5,5 tahun yang ditangguhkan di Rusia pada hari Jumat. Pada hari Kamis, lebih dari dua tahun kemudian, dia dihukum karena menggelapkan 2,5 miliar rubel pada tahun 2015 ($33,5 juta pada saat itu).




Calvey adalah salah satu investor swasta terbesar Rusia, dan ditangkap pada awal 2019 atas tuduhan terkait kesepakatan dengan bank pemberi pinjaman, Vostochny Bank.

menolak

Pengusaha itu dituduh menggelapkan sekitar 34 juta euro, tetapi dia selalu membantahnya. “Dibandingkan dengan kebanyakan gugatan, hukuman percobaan hampir merupakan kemenangan,” katanya setelah mendengar putusan. “Tetapi di sisi lain, sangat memalukan untuk dihukum karena kejahatan yang tidak pernah terjadi.”

Calvi terlibat konflik dengan dua pengusaha berpengaruh yang terlibat dalam penggabungan Bank Vostochny yang bermasalah dan Bank Artem Avichian yang juga bermasalah. Calvi adalah pemegang saham di Vostochny Bank dan ingin menutupi pinjaman $33,5 juta dari Vostochny dengan saham yang jauh lebih sedikit daripada yang dinyatakan sebelumnya.

sensasi

Kasus ini menimbulkan kegemparan di dunia bisnis Rusia. Banyak tokoh terkenal membela Calvi. Pengamat juga berpendapat bahwa kasus tersebut seharusnya diselesaikan di bawah hukum perdata, dan tidak pernah digugat, karena merupakan perselisihan bisnis antara dua pemegang saham: Calvi sendiri, dan Artyom Avtisjan (yang memiliki sepertiga saham). Yang terakhir akan menggunakan kontak baiknya dengan layanan keamanan Rusia FSB dan mengubahnya menjadi kasus kriminal, praktik yang lebih umum di Rusia. Selama persidangan, jaksa berargumen, antara lain, bahwa kurangnya bukti akan membuktikan bahwa Calvi berusaha untuk menutupi.

Calvey mengatakan dia akan membahas kemungkinan langkah selanjutnya dengan pengacaranya minggu depan.

READ  Pembebasan awak kapal perusahaan Belanda yang diculik