BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Taliban menduduki ibu kota provinsi kedua, dan Amerika Serikat menyarankan warganya untuk meninggalkan Afghanistan | luar negeri

Bandara adalah salah satu dari sedikit lokasi yang masih berada di tangan aparat keamanan. Mereka harus mundur ke tempat lain. Taliban dikatakan telah merebut kantor gubernur kota, markas polisi, dan penjara, antara lain. Gambar-gambar yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana para tahanan dapat melarikan diri dengan bantuan Taliban.

Sheberghan adalah tempat kelahiran panglima perang terkenal Abdul Rashid Dostum, yang kembali ke rumah minggu lalu setelah menghabiskan berbulan-bulan di Turki. Mantan wakil presiden itu menjalani perawatan medis di sana. Dostum melawan Taliban dengan milisinya di masa lalu dan dituduh melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia.

Seorang rekan dekat panglima perang, yang dikatakan masih berada di Kabul, membenarkan bahwa Shiberghan ditangkap oleh Taliban. Ekstremis Muslim meningkat ketika pasukan internasional meninggalkan Afghanistan setelah dua dekade. Pada hari Jumat, mereka menguasai Zaranj, ibu kota negara bagian selatan Nimroz, di sisi lain negara itu.

Jatuhnya Zaranj merupakan pukulan bagi pemerintah Afghanistan. Ini adalah pertama kalinya sejak awal penarikan barat bahwa Taliban telah menguasai ibukota provinsi. Wakil gubernur provinsi mengatakan kota itu dapat diambil alih oleh para ekstremis tanpa banyak perlawanan. Sebuah bagian dari populasi juga dikatakan telah meneriakkan untuk Taliban saat mereka berkendara di jalan-jalan di jalanan.

Amerika Serikat menyarankan warganya untuk meninggalkan Afghanistan

Setelah Belanda, Amerika Serikat meminta warganya untuk meninggalkan Afghanistan. Kedutaan Besar AS di Kabul menyarankan warga Amerika untuk berangkat sesegera mungkin dengan penerbangan penumpang komersial.

Pusat diplomatik itu memperingatkan Sabtu bahwa mereka memiliki “sumber daya yang sangat terbatas” untuk membantu warga AS bahkan di ibu kota. Namun, orang Amerika bisa mendapatkan pinjaman dari kedutaan mereka jika mereka tidak punya uang untuk membeli tiket pesawat.

READ  Beberapa jam setelah pidato Netanyahu, serangan udara Israel di Gaza lagi

Belanda telah mengeluarkan seruan serupa minggu ini bagi warganya untuk meninggalkan Afghanistan dengan penerbangan internasional. Kedutaan Belanda di Kabul memperingatkan bahwa mereka tidak dapat “mendukung atau mengevakuasi” Belanda.

Di Afghanistan, Taliban sedang meningkat ketika pasukan internasional pergi setelah dua dekade. Ekstremis Muslim merebut ibu kota provinsi Nimroz pada hari Jumat.