BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Serangan rudal hebat • Kecelakaan pesawat militer

Serangan rudal hebat • Kecelakaan pesawat militer

Berita Noos

Dalam perang antara Ukraina dan Rusia, masih terdapat “banyak pertempuran sulit” di garis depan, namun seperti yang diperkirakan, jumlah serangan rudal dan drone meningkat tajam di musim dingin. Bagi mereka yang lupa topiknya, kami memberikan ikhtisar peristiwa terpenting setiap bulannya.

Perkembangan terpenting pada Januari 2024

  • Sebuah pesawat militer Rusia jatuh di wilayah Belgorod Rusia. Fakta mengenai hal ini masih belum jelas. Rusia mengatakan seluruh penumpang yang berjumlah 74 orang, termasuk 65 tawanan perang Ukraina, tewas. Menurut Rusia, pesawat tersebut ditembak jatuh oleh Ukraina. Ukraina tidak menyangkal atau membenarkan hal ini, dan juga mengatakan bahwa tidak ada informasi yang dapat dipercaya tentang siapa yang berada di dalam pesawat tersebut. Presiden Zelensky menginginkan penyelidikan internasional.

Rusia membagikan foto-foto lokasi jatuhnya pesawat pada 26 Januari:

Rusia menampilkan foto pesawat militer yang jatuh

  • Sejak pecahnya perang, kerusuhan sosial di beberapa wilayah Rusia tidak sebesar bulan lalu. Di Bashkiria, sebuah republik otonom di selatan, ratusan demonstran berdemonstrasi selama beberapa hari menentang hukuman terhadap seorang aktivis. Protes menjadi hampir mustahil sejak awal perang, yang menjadikan protes ini semakin mengesankan.
  • Pada tanggal 15 Januari, Ukraina mengatakan pihaknya telah memberikan pukulan telak terhadap angkatan udara Rusia. Jauh dari garis depan, sebuah pesawat mata-mata dan pusat komando penerbangan dilaporkan ditembak jatuh, keduanya merupakan pesawat mahal yang bernilai sekitar $330 juta. Rusia hanya akan memiliki lima belas unit.
  • Blokade perbatasan Ukraina oleh pengemudi truk Polandia telah ditangguhkan hingga 1 Maret, berdasarkan perjanjian dengan pemerintah Polandia. Pengemudi truk telah menutup penyeberangan perbatasan sejak November sebagai protes terhadap pelonggaran aturan bagi pengemudi Ukraina. Perdana Menteri Polandia yang baru, Tusk, berjanji untuk terus mendukung Ukraina dan segera menyelesaikan ketegangan antara kedua negara bertetangga tersebut.
  • Mengingat perang di Ukraina, tidak hanya tentara negara-negara NATO tetapi juga seluruh komunitas harus bersiap menghadapi “era baru dan tidak dapat diprediksi.” Demikian kata Laksamana NATO Belanda Rob Bauer. Dia menyerukan transformasi perang di NATO. Pada saat yang sama, sekutu NATO memperbarui komitmen mereka untuk terus memberikan dukungan militer dan ekonomi kepada Ukraina tahun ini, khususnya pertahanan antipesawat.
READ  Kapal kontainer menabrak jembatan dan mendorong permukaan jalan, sopir truk tidak terluka | di luar

Serangan rudal besar-besaran dan rekor jumlah drone

Berikut penampakan kehancuran di Kiev dan Kharkiv pada awal bulan ini:

Kehancuran setelah serangan rudal besar-besaran di Kiev dan Kharkiv

Yang patut dicatat adalah bahwa rudal-rudal tersebut mampu menembus pertahanan udara dalam banyak kesempatan. Ini mungkin merupakan indikasi bahwa pertahanan udara Ukraina sudah mulai habis, namun masih terlalu dini untuk mencapai kesimpulan akhir.

Dengan dimulainya musim dingin, Kremlin mengaku sebagian besar menargetkan industri pertahanan Ukraina, namun sejauh ini banyak sasaran sipil yang terkena dan banyak korban sipil.

Misalnya, pada tanggal 6 Januari, sebelas orang, termasuk anak-anak, terbunuh di kota Pokrovsk, Ukraina timur. Pada tanggal 23 Januari, sedikitnya delapan belas orang tewas di beberapa tempat di negara itu, dan lebih dari seratus orang terluka. Infrastruktur juga sering terkena dampak, menyebabkan banyak tempat tanpa listrik.

Penghancuran sebuah hotel di Kharkiv:

  • Layanan darurat Ukraina melalui Reuters

  • Layanan darurat Ukraina melalui Reuters

  • Layanan darurat Ukraina melalui Reuters

Tentara Ukraina, pada gilirannya, melakukan beberapa serangan udara, misalnya, di kota Donetsk yang diduduki pada 21 Januari. Pemerintah regional Rusia mengklaim sedikitnya 27 orang tewas.

Selain itu, Ukraina melakukan serangan drone terhadap perusahaan gas Rusia di Laut Baltik. Beberapa hari lalu, sebuah stasiun minyak di Rusia barat dibom. Sebuah drone juga menyerang sasaran di St. Petersburg untuk pertama kalinya sejak awal perang.

Pergeseran di lini depan

Seperti yang diharapkan, gambaran di lini depan tidak banyak berubah dibandingkan bulan Desember. Bulan-bulan musim dingin digunakan untuk pemulihan, pertukaran unit, dan mengembalikan semuanya ke normal secara logistik.

“Ribuan peluru masih ditembakkan setiap hari, menewaskan ratusan orang setiap hari. Namun hanya ada sedikit perubahan di garis depan: sepertinya tidak terjadi apa-apa.”

Situasi di Avdiivka

Menurut De Kruif, tampaknya ada penarikan yang cukup terkendali dari Ukraina di Avdiivka. “Rusia harus menggunakan banyak sumber daya untuk mendapatkan keuntungan secara perlahan. Mereka menanggung banyak kerugian demi keuntungan kecil di sisi selatan.”

“Avdiivka penting secara taktis, namun kurang penting secara operasional,” lanjutnya. “Rusia melancarkan serangan di sana terutama karena Putin memerlukannya untuk menunjukkan keberhasilannya menjelang pemilu Mei,” tambahnya. Kementerian Pertahanan Inggris memperkirakan Avdiivka tidak akan sepenuhnya jatuh ke tangan Rusia dalam beberapa minggu mendatang.

Pertahanan aktif

Sementara itu, pada bulan Januari, perhatian lebih diberikan pada strategi militer untuk tahun mendatang. Banyak analis memperkirakan, tidak seperti tahun 2023, tidak akan ada serangan besar-besaran yang dilakukan tentara Ukraina pada musim semi ini. Diperkirakan tidak ada perolehan teritorial yang signifikan, meskipun serangan tidak dapat dikesampingkan.

berdasarkan Washington Post Amerika Serikat sedang berupaya keras merancang strategi baru untuk Ukraina, dengan penekanan pada “pertahanan aktif”, sebagaimana baru-baru ini disebut oleh salah satu pemimpin Ukraina. Fokusnya adalah operasi drone dan penguatan garis pertahanan. Sementara itu, angkatan bersenjata dan perekonomian harus diperkuat.

Strategi defensif membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja. Sementara itu, pemerintah Ukraina harus menyelesaikan masalah mobilisasi. Menurut sumber AS, Ukraina kemudian harus bersiap menghadapi serangan balik pada tahun 2025. Mantan Menteri Pertahanan Zahorodnyuk memperingatkan bahwa strategi pertahanan berarti Rusia akan gagal. Inisiatif ini diberikan selama satu tahun Di medan perang.

Perang dalam gambar

Dua tank Leopard II pertama yang diperbaharui, yang dibeli oleh Belanda untuk Ukraina, telah siap. Itu diuji dan disetujui di Jerman pada pertengahan Januari. Bersama Denmark, Belanda membeli empat belas tank tua ini untuk Ukraina.

Reporter Wessel de Jong sedang melakukan tur inspeksi di Unterlos, Jerman:

Dua tank Leopard yang diperbaharui telah diuji dan disetujui di Ukraina