BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Siapa yang menghancurkan model dinosaurus di Central Park? Tersangka baru muncul.

Itu akan menjadi roti bakar Central Park pada tahun 1870-an: sebuah museum yang dirancang oleh Frederick Law Olmsted yang dipenuhi dengan patung dinosaurus yang baru ditemukan.

Tetapi ketika preman dengan palu godam menghancurkan model dinosaurus yang dibuat untuk Museum Paleozoikum yang direncanakan pada tahun 1871, patung seukuran aslinya dan gipsnya — dan rencana untuk museum dinosaurus pertama di kota itu — dihancurkan.

Selama lebih dari seabad, sejarawan percaya bahwa William “Boss Tweed”, tokoh politik paling berkuasa di New York saat itu, bertanggung jawab. Tetapi para peneliti sekarang memilikinya mempertimbangkan kembali Kejahatan—dan menunjuk ke tersangka baru dalam apa yang mereka sebut “tindakan vandalisme terbesar dalam sejarah studi dinosaurus.”

Pada tahun 1871, paleontologi masih dalam masa pertumbuhan, dan minat pada makhluk raksasa yang telah punah didorong oleh penemuan-penemuan baru di seluruh dunia. Museum Paleozoikum akan memajang karya Benjamin Waterhouse Hawkins, seniman sejarah alam Inggris yang membangkitkan minat terhadap dinosaurus di Amerika Serikat dengan memajang kerangka dinosaurus pertama di dunia di Philadelphia pada tahun 1868.

Dalam persiapan untuk Museum New York, Hawkins menggunakan bukti fosil untuk membuat model diorama yang rumit dalam ukuran penuh. Tetapi Central Park Board yang dikontrol Tweed menghapus museum tersebut pada tahun 1870. Beberapa bulan kemudian, semua boneka, staf, dan studio Hawkins dihancurkan oleh pengacau.

Sejarah sebelumnya mengklaim bahwa Tweed, yang mengendalikan mesin Tammany Hall yang sangat demokratis, memerintahkan penghancuran karena alasan mulai dari keberatan agama hingga balas dendam terhadap Hawkins. Tetapi sumber utama menunjuk ke Henry Hilton, seorang pengacara yang kuat dan komisaris taman negara bagian yang secara pribadi memerintahkan agar model dihancurkan, tulis para peneliti.

READ  Booming computed tomography pernapasan anak 'belum pernah terjadi sebelumnya': Laporan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Geologists Association, para peneliti menemukan bahwa Hilton tidak hanya berkomitmen untuk proyek yang bersaing, American Museum of Natural History, tetapi juga “tampaknya memiliki hubungan yang aneh dengan seni, warisan, dan artefak.” [sic]. Mereka menemukan bukti lain dari intervensi Hilton, termasuk memerintahkan banyak artefak sejarah dan alam untuk dicat putih dan menentang otoritas pejabat museum.

Mengapa repot-repot menghidupkan kembali sepotong sejarah museum yang terlupakan?

“Ini mungkin tampak seperti tindakan intimidasi lokal, tetapi mengoreksi catatan sangat penting dalam pemahaman kita tentang sejarah paleontologi. Kami telah menunjukkan bahwa itu bukan penghujatan, atau tindakan balas dendam oleh William Tweed,” kata Michael Benton, profesor di Fakultas Ilmu Bumi Universitas Bristol dan salah satu penulis.Penulis makalah penelitian, V Rilis baru.

Perjuangan untuk mengendalikan arketipe dinosaurus mengungkap perdebatan masa lalu tentang bagaimana dinosaurus muncul dan bagaimana mereka sebenarnya hidup, tulis para peneliti – menambahkan bahwa kesalahan representasi peristiwa tersebut dalam buku sejarah pantas untuk diperbaiki.