BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sisi dekat dan jauh bulan sangat berbeda. Studi baru menjelaskan misteri itu

Sisi dekat kita yang akrab terlihat lebih gelap di beberapa tempat – hasil dari aliran lava purba yang luas, yang disebut lunar mare – sedangkan sisi jauhnya tertutup kawah dan kawah tetapi tidak ada kuda betina.

Para astronom telah lama bingung mengapa kedua sisi bulan sangat berbeda. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan minggu lalu di jurnal Science Advances telah menemukan penjelasan baru untuk misteri bulan ini.

Para peneliti menemukan bahwa dampak yang membentuk palung akan menciptakan gumpalan panas yang sangat besar yang akan menyebar di dalam bulan, menurut pernyataan itu. Gumpalan ini akan membawa beberapa material ke sisi dekat bulan, memberi makan gunung berapi yang menciptakan dataran vulkanik.

“Kami tahu bahwa dampak besar seperti yang membentuk SPA akan menciptakan banyak panas,” kata Matt Jones, kandidat doktor di Brown University dan penulis utama studi tersebut. Dalam siaran pers.

“Pertanyaannya adalah bagaimana panas ini mempengaruhi dinamika internal Bulan. Apa yang kami tunjukkan adalah bahwa dalam kondisi yang wajar pada saat pembentukan SPA, ia akhirnya memusatkan elemen penghasil panas ini di sisi dekat.

“Kami berspekulasi bahwa ini berkontribusi pada pencairan mantel yang menyebabkan aliran piroklastik yang kita lihat di permukaan.”

Dataran vulkanik di sisi dekat bulan adalah rumah bagi sekelompok Unsur termasuk kalium, unsur tanah jarang dan fosfor antara lain – mereka dikenal sebagai Procellarum KREEP terrane (PKT) dan langka di tempat lain di Bulan.

Para peneliti menjalankan simulasi komputer tentang bagaimana panas dari benturan raksasa mengubah pola perpindahan panas di bagian dalam bulan, dan bagaimana hal ini dapat mendistribusikan kembali KREEP di mantel bulan.

Menurut model mereka, KREEP akan melintasi gelombang panas yang dipancarkan dari area tumbukan “seperti seorang peselancar” apakah tumbukan itu hantaman langsung atau sekadar melukai bulan. Saat gumpalan panas menyebar di bawah kerak bulan, bahan ini akhirnya dipindahkan ke sisi dekat.

READ  Galaksi ganda membingungkan astronom Hubble - 'Kami bingung'

“Bagaimana PKT terbentuk adalah satu-satunya pertanyaan terbuka yang paling penting dalam ilmu bulan,” kata Jones dalam siaran persnya.

“Dan efek Kutub Selatan-Aitken adalah salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Bulan. Karya ini menyatukan dua hal itu, dan saya pikir hasil kami sangat menarik.”