BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Siswa Internasional: Pendekatan berkelanjutan di Fryslân adalah mungkin

Sekelompok 35 mahasiswa master dari seluruh dunia baru-baru ini berfokus pada tantangan keberlanjutan di Fryslân. Koordinator Ninke Kloppenburg mengatakan distrik kami sangat ideal untuk ini.

“Freslin County sangat ambisius dalam hal tujuan keberlanjutan. Ada banyak proyek menarik yang sedang berlangsung di sini.”

murid-murid Manajemen Lingkungan dan Energi Mereka datang dari seluruh dunia, misalnya Nikaragua, Spanyol dan Iran. Mereka belajar di University of Twente, tetapi berlokasi di Gedung Van Hall Larenstein. “Jika Anda di sini, Anda juga melihat lingkungan sekitar.”

Dapat digunakan di negara lain

Bagi mahasiswa internasional yang ada di sini, butuh waktu untuk membiasakan diri. “Bulan-bulan pertama penuh dengan kekaguman seperti apa yang terlihat di sini. Yang penting di sini adalah mereka dapat menerjemahkan banyak pengalaman ke negara lain.”

Perubahan iklim sedang terjadi di seluruh dunia: “Dengan solusi tertentu, Anda membutuhkan semua pihak untuk menghasilkan solusi yang baik. Ini tidak hanya terjadi di sini.”

Salah satu mahasiswa program tersebut adalah Meryl van Helten. Dia adalah bagian dari kelompok proyek dengan siswa dari Indonesia, Malaysia dan Groningen.

Energi terbarukan untuk stasiun pengisian daya

Mereka telah bekerja di stasiun kargo di Freslin. “Kami mulai mencari perusahaan untuk melihat apakah mereka dapat bekerja dengan perusahaan energi terbarukan, sehingga mulai sekarang mereka dapat menghubungkan stasiun pengisian dengan cara yang hanya akan diisi oleh energi terbarukan.”

Selama penelitian ini, para siswa berhubungan dengan kotamadya Leeuwarden, pakar iklim Bouwe de Boer dan penggemar Freonen Fossylfij Fryslân. “Karena mereka sangat terlibat dalam membuat sektor mobilitas lebih berkelanjutan. Itu juga bagian dari itu.”

Keberlanjutan adalah mungkin

Temuan yang paling penting adalah bahwa keberlanjutan adalah mungkin. “Ada juga banyak minat. Sekarang, karena perang, ada gagasan bahwa energi terbarukan lebih mahal daripada energi ‘biasa’. Tapi itu tidak lagi benar.”

READ  Dari "orang asing" menjadi "warga negara lain": seberapa sering kita mengubah kata "imigran"?

Van Helmen berharap itu terjadi. “Masih ada keyakinan tertentu bahwa itu lebih mahal, tetapi ini tidak benar.”

Pada Rabu malam, siswa akan mempresentasikan temuan mereka. Selain itu, mereka membagikan laporan mereka dengan perusahaan yang berbeda sehingga mereka dapat mempraktikkannya.