BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Spesies burung baru ditemukan di Kepulauan Wakatobi Indonesia

Spesies burung baru ditemukan di Kepulauan Wakatobi Indonesia

Nicola Marbles dan David Kelly, Trinity College Dublin

Berita NOS

Para ilmuwan di Kepulauan Wakatobi Indonesia telah menemukan beberapa spesies burung baru. Salah satu spesies baru ini, sunbird wakatobi, dapat dikenali dari dadanya yang berwarna biru kekuningan dan sayapnya yang relatif pendek.

Honeysuckle menyerupai burung kolibri Amerika dan hidup di daerah tropis dari Afrika hingga Australia. Ahli zoologi dari Trinity College Dublin telah bekerja sama dengan tim peneliti Indonesia untuk menemukan spesies baru dalam keluarga sunbird.

Para peneliti melihat ke Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, untuk sunbird berparuh baja dan sunbird beludru. Mereka menyimpulkan bahwa beberapa burung ini memang termasuk spesies yang belum pernah diamati sebelumnya. “Sungguh menakjubkan bahwa masih ada spesies yang menunggu untuk ditemukan di daerah ini,” kata ketua peneliti Fionn Ó Marcaigh.

Terisolasi dengan sayap pendek

Sunbird wakatobi secara genetik berbeda dari spesies yang ditemukan sebelumnya dan juga terlihat berbeda. Ia memiliki bulu yang lebih gelap, vokal yang lebih tinggi, dan sayap yang lebih pendek daripada burung matahari berdada padat.

Sementara sunbird berdada baja tersebar di beberapa wilayah, sunbird Wakatobi hidup terisolasi di Kepulauan Wakatobi karena lebar sayapnya yang pendek. “Pulau-pulau kecil yang terisolasi seperti ini memiliki proses evolusinya sendiri, seringkali menghasilkan spesies unik,” kata peneliti Ó Marcaigh.

READ  Menjelajahi Peluang di Indonesia Tanpa Entitas - Indonesia Guide