BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sybren Attema: Pebalap tangguh di RFC dengan tantangan baru

Cyprien Atema terpilih sebagai presiden koperasi susu FrieslandCampina. Siapa pria ini: petani di antara petani atau pemain poker tanpa gairah? Profil CEO baru perusahaan susu terbesar di Belanda.

Kehidupan Cyprien Atima dimulai seperti banyak anak petani. Tertarik bertani, dia bersiap untuk mengambil alih peternakan sapi perah orang tuanya. Dia memutuskan untuk belajar untuk ini di Sekolah Tinggi Pertanian, dan juga mengikuti kursus pelatihan di bidang real estat dan mendirikan perusahaan real estatnya sendiri.

Pandangan peternak muda ini jelas lebih luas daripada pandangan perusahaannya sendiri di Abeja. Ia juga tertarik pada perkembangan di sektor pertanian secara keseluruhan dan dalam masyarakat.

berdiri untuk tanggung jawab

Di koperasi susu di mana ia menjadi anggota, De Goede Berharap, ini mengarah pada posisi di dewan direksi. Dorongan untuk mengambil alih di sana pasti ada hubungannya dengan kepribadian Otima. Tapi, karena dia berasal dari keluarga petani yang telah berubah, dia juga belajar di rumah bahwa kamu tidak boleh hanya pergi untuk kebaikanmu sendiri.


Dia memiliki perasaan yang baik dan sikapnya menunjukkan bahwa dia berdiri di antara para petani

Attema memberikan bentuk ini dalam berbagai cara. Bukan hanya karena kegiatannya di sektor koperasi susu, tetapi ia juga aktif, misalnya, di gereja Protestan setempat, di dewan direksi sekolah dasar Kristen di Beringia dan di Dewan Pertanian Utara. Karyanya untuk peternak sapi perah di Asia dan di ICCO dan Cordaid memiliki hubungan yang jelas dengan komitmen kepada orang lain.

Di sektor susu, Attema telah membangun reputasi sebagai manajer yang jujur ​​dan ramah yang berhasil menjaga segala sesuatunya tetap bersama. Rekan-rekan pengemudinya mengatakan dia bisa memukul meja jika perlu, tanpa menjadi agresif atau kehilangan kesopanan.
“Seorang manajer yang berharga, seorang yang memiliki visi, selalu sangat lugas,” kenang seorang petani. Dia mampu memimpin rapat dewan dengan cara yang kuat. Diskusi tidak berubah negatif dan para anggota umumnya kembali ke rumah dengan puas.

READ  AS tidak akan menghukum negara untuk pajak digital saat ini

menempel

“Dia bertindak sebagai konduktor dan tahu bagaimana membawa peserta berdasarkan argumen”, dapat didengar tentang gaya manajemen Attema. Tidak begitu jelas apa yang terjadi di ruang konferensi. Namun, diketahui bahwa dia tidak segan-segan mendekati manajemen jika diperlukan.

Ada perbedaan pendapat tentang cara CEO baru menunjukkan perasaannya. Beberapa berbicara tentang selera humornya yang lucu dari waktu ke waktu. Yang lain menuduhnya menunjukkan sedikit emosi. “Saya tidak ada hubungannya dengan pria ini, dia juga tidak memiliki kharisma,” kata salah satu petani.

Bertahun-tahun yang lalu, citra Het Financieele Dagblad bahkan melangkah lebih jauh. Attema menyadari bahwa dia adalah “sesuatu dari pemain poker. Wajahnya tanpa emosi, senyum sangat jarang. Perlu dicatat bahwa ini dapat dipengaruhi oleh konsekuensi dari kecelakaan yang memiliki konsekuensi permanen untuk kepala dan wajah.”

Yang baru dari ketua koperasi adalah dia sendiri bukan lagi seorang peternak sapi perah. Tampaknya penggemar FrieslandCampina tidak terganggu dengan hal ini. Pengalaman positif dari masa lalu berlaku dalam umpan balik pada pengangkatannya. “Dia memiliki akal sehat dan tahu bagaimana menunjukkan posisinya bahwa dia berada di antara para petani,” seorang peternak menilai ketika ditanya.

Ada keraguan tentang fakta bahwa selama sepuluh tahun Attema hanya bisa mengikuti perkembangan produk susu Belanda dari kejauhan. Menurut banyak yang terlibat, ini adalah potensi jebakan. Ada masalah yang berbeda dan lebih serius di dewan direksi FrieslandCampina daripada sepuluh tahun lalu. Sebagai presiden, dia tidak bisa membangun pengalaman masa lalunya.

Otaima sendiri telah mengatakan bahwa dia memiliki “kepercayaan yang kuat” padanya dan ingin “bergantung pada pengetahuan dan pengalaman dewan direksi”. Ia sendiri harus menambahkan visi yang jelas dan kepemimpinan yang kuat, sebagaimana presiden baru FrieslandCampina juga menerapkan bahwa “hasil masa lalu bukanlah jaminan masa depan”.

READ  Lebih dari 13.000 bisnis tutup selama pandemi meskipun ada dukungan Corona

lingkaran kehidupan

Sybren Attema (1960) lahir di Abiga, Friesland. Dia belajar di sekolah pertanian terkemuka dan, antara lain, mengikuti kursus mengemudi di Nyenrode. Pada usia 23 tahun, seorang peternak sapi perah bergabung dengan koperasi susu De Goede Expecting. Sepuluh tahun kemudian, itu ada di papan tulis. Mengendarai gelombang merger di sektor susu, Attema menjadi Wakil Presiden Friesland Foods pada tahun 2000 dan Ketua Dewan Direksi pada Desember 2003. Setelah merger antara Friesland Foods dan Campina, di mana ia memainkan peran penting, ia menjabat sebagai Wakil Presiden FrieslandCampina selama dua tahun. Pada tahun 2011, ia menjual peternakan sapi perahnya dan memimpin Program Pengembangan Produk Susu Asia Tenggara di FrieslandCampina dari Kota Ho Chi Minh. Fokus pada pengembangan peternakan sapi perah di Vietnam, Thailand, Indonesia, Malaysia dan Nigeria. Pada Juli 2019, ia pindah ke organisasi pengembangan ICCO dan kemudian ke Cordaid. Pada Agustus 2021 ia mendirikan perusahaan konsultan Attema Consultancy. Dan dua bulan kemudian dia dinominasikan untuk posisi presiden perusahaan FrieslandCampina. Attema adalah karyawan dari Orange Nassau Medal dan penerima VIV Asian Dairy Personality Award.