BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Taiwan: China mensimulasikan serangan di pulau utama | Luar negeri

ModernisasiKementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pesawat dan kapal militer China mensimulasikan serangan di pulau utama Taiwan pada Sabtu pagi (waktu setempat). Beberapa rombongan pesawat terlihat, banyak di antaranya melintasi garis tengah di Selat Taiwan.

Garis tengah di selat antara Cina dan Taiwan berfungsi sebagai batas tidak resmi antara perairan teritorial pulau itu dan Cina daratan. Dalam beberapa hari terakhir, kapal perang dan pesawat China terlihat sering melintasi garis tengah.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengumumkan Sabtu pagi bahwa mereka meluncurkan suar pada Jumat malam (waktu setempat) untuk mencegah tujuh pesawat tak berawak dan sebuah pesawat tak dikenal terbang di atas pulau terpencil Kinmen dan Matsu.

Dan kedua wilayah tersebut berada di dekat pantai China, rumah bagi pasukan Taiwan yang berada dalam siaga tinggi setelah Beijing memulai latihan militer skala besar awal pekan ini. Latihan itu dilakukan sebagai tanggapan atas kunjungan politisi terkemuka AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

China, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, memandang kunjungan Pelosi sebagai provokasi. Jadi telah mengambil beberapa tindakan terhadap Amerika Serikat. Misalnya, kerjasama dalam pencegahan kejahatan transnasional dan pemulangan imigran gelap akan dihentikan. Selain itu, Beijing menghentikan pembicaraan tentang perubahan iklim antara kedua negara.

READ  Rusia tidak dapat membayar utang luar negerinya untuk pertama kalinya sejak 1918 | Saat ini