BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teleskop Hubble menemukan gugusan bintang yang bersama-sama membentuk 'untaian mutiara' |  Sains

Teleskop Hubble menemukan gugusan bintang yang bersama-sama membentuk 'untaian mutiara' | Sains

Berkat Teleskop Luar Angkasa Hubble, para astronom telah menemukan “untaian mutiara” bintang. Bintang-bintang dihubungkan oleh “untaian” gas. Itu meluas selama ribuan tahun cahaya, Laporan Badan antariksa NASA.

Ini tentang dua belas galaksi berbeda yang dihubungkan oleh ekor. Ekor ini terbentuk karena galaksi-galaksi saling menarik satu sama lain karena gravitasinya. Ini menandakan bahwa galaksi-galaksi akan bertabrakan suatu saat nanti.

Berkat Teleskop Hubble, 425 kumpulan bintang muda lainnya ditemukan di ekornya. Setiap cluster berisi sekitar satu juta bintang. Beberapa dari bintang-bintang ini berumur kurang dari sepuluh juta tahun, sehingga disebut bintang bayi.

Menurut NASA, “Kalung Mutiara” tersebut membuktikan bahwa tabrakan galaksi sebenarnya bukanlah tabrakan, melainkan penggabungan. Tidak ada bintang yang hancur, namun bintang-bintang baru tercipta.

“Sungguh mengejutkan menemukan begitu banyak objek kecil di bagian ekornya. Hal ini memberi tahu kita banyak hal tentang bagaimana galaksi terbentuk dan bagaimana mereka bisa bergabung,” kata pemimpin peneliti Michael Rudrak. “Proses ini menciptakan generasi bintang baru yang sebelumnya tidak akan ada.”

READ  Seperti inilah penampakan planet kita dari jarak enam miliar kilometer