BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Theo Stevens, profesor sejarah olahraga pertama di Belanda, meninggal dunia

Theo Stevens, profesor sejarah olahraga pertama di Belanda, meninggal dunia

Pengaruh politik

Jan Riepstra, presiden Stichting De Sportwereld, organisasi profesional untuk sejarah olahraga, juga menunjukkan bahwa Stevens adalah orang pertama yang terlibat dalam diskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kesejahteraan dan Olahraga, serta NOC*NSF pada awalnya. abad ini tentang pentingnya sosial penelitian sejarah olahraga. Rijpstra mengalaminya sendiri saat menjadi anggota parlemen VVD.

“Sebagian karena dia, mereka melihat pentingnya hal ini dan menyatakan dukungan mereka,” kata Rypstra. “Theo telah menginspirasi dan menggairahkan banyak dari kita di bidang yang indah ini. De Sportwereld memandang kontribusinya dengan hormat. Lingkaran sejarawan olahraga terus berkembang. Tesis, buku, dan konferensi juga menunjukkan hal ini. Dengan antusiasme dan perhatian dari Theo dan saya, kami akan terus mempromosikan nilai olahraga dari sudut pandang sejarah.”

Apa yang belum tercapai dalam dua puluh lima tahun itu adalah pendirian institut sejarah olahraga nasional, keinginan lama Stevens. Namun sebagaimana kita harus membiasakan diri dengan sejarah perempuan dan sejarah Indonesia, hal ini tetap berlaku bagi sejarah olahraga sebagai suatu disiplin ilmu yang terintegrasi. Jika lembaga seperti itu pernah ada, kita tahu bahwa Stevens yang meletakkan fondasinya.

Foto: Koleksi pribadi keluarga Stevens.

READ  "Saatnya untuk mengingat bersama"