BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Tidak ada yang melihat ini akan terjadi’

‘Tidak ada yang melihat ini akan terjadi’

Tandai Cloke.Casing Foto Pro Sport

Mark Cloke juga melihat surat kabar berbahasa Indonesia di rak pada hari Senin. “Tragedi sepak bola kami” menjadi judul utama surat kabar tersebut Kecepatan Al-Qur’an Tentang salah satu bencana taman bermain terbesar dalam sejarah di halaman depan, diikuti dengan daftar nama 125 orang yang tewas, termasuk 32 anak-anak berusia antara 3 dan 17 tahun.

“Mengingat keadaan, kondisi saya baik-baik saja,” kata pesepakbola asal Amsterdam yang telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia dan menjadi kapten timnas itu. Dia telah bermain di negara Asia sejak tahun 2017. “Saya sangat terkejut dengan tragedi ini.”

Kluk yang pernah bermain untuk FC Sieborgia dan Utrecht sudah terlelap saat terjadi kerusuhan usai derby FC Arima asal Malang kontra Persebaya Surabaya (2-3) di Pulau Jawa. Ia tidur lebih awal, karena keesokan harinya ada pertandingan penting, yang segera dibatalkan. “Keesokan paginya, telepon saya berdering.”

Lebih banyak bahaya

Ribuan suporter menyerbu stadion usai pertandingan. Menurut saksi mata, usai derby yang menegangkan tersebut, para hooligan menuntut penjelasan dari dewan direksi atas kekalahan pertama di kandang sendiri dalam 23 tahun. Polisi tidak punya pilihan lain selain menggunakan gas air mata, setelah itu terjadi kepanikan dan para penggemar berusaha meninggalkan stadion. Puluhan orang tewas terinjak-injak karena kekurangan oksigen. Sedikitnya 323 orang lainnya terluka. Para pejabat mengatakan jumlah korban tewas mungkin akan bertambah.

“Sampai hari ini saya masih belum menyadari betapa buruknya hal itu,” kata Klok yang saat ini bermain untuk Persip Bandung di Jawa. “Mengerikan hal ini terjadi saat pertandingan sepak bola. Saya harus jujur ​​mengakui bahwa sering kali ada bahaya di sini saat derby, tapi saya tidak pernah menyangka hal ini akan terjadi. Tidak ada seorang pun di Indonesia yang mengalaminya.”

Donasi kepada sanak saudara yang masih hidup

Klock berharap keluarga akan mendapat dukungan. Pemerintah kini telah mengumumkan bahwa €330 akan disumbangkan kepada semua kerabat yang selamat. Menurut Menteri Keamanan Indonesia, jumlah tersebut akan dibayarkan kepada keluarga dalam waktu dua hari.

Kapolres Malang kini telah dipecat. Sembilan petugas lainnya diskors. Menteri Keamanan Indonesia hari ini berjanji akan membentuk tim investigasi independen untuk mencari tahu apa yang terjadi dan membantu menemukan dalang kerusuhan. Dia juga meminta polisi untuk mengidentifikasi dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut.

Kluk tidak akan meninggalkan negara atau kompetisi sepak bola. Dia merasa terhubung dengan negaranya dan dipuji di surat kabar sebagai superstar David Beckham di hari-hari terbaiknya. “Kami berharap tindakan segera diambil, karena hal ini tidak boleh terjadi lagi.”

READ  De Graafschap wint nipt MVV bij Return of Platje, Go Ahead wint ook | Nederlands voetbal