BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tiga belas tewas dan puluhan luka-luka dalam letusan gunung berapi Jawa

Letusan Semeru dengan ketinggian lebih dari 3.600 meter telah meletus di Jawa Timur beberapa kali dalam setahun terakhirfoto Reuters

Gunung berapi Semuru di Jawa Timur menembakkan awan abu lebih dari satu kilometer ke langit, sementara lava mengalir ribuan derajat ke sisinya, bercampur dengan lumpur dan puing-puing. Setidaknya 11 desa tertutup lapisan abu. Beberapa rumah dan jembatan utama rusak dan 900 orang dievakuasi.

Layanan penyelamatan menyelamatkan sepuluh penambang yang terjebak dalam letusan. Pencarian korban telah dimulai dan jalan-jalan yang tertutup puing-puing telah dibuka kembali. Pada hari Minggu, pekerjaan dihentikan sementara di tengah kekhawatiran bahwa abu panas dan puing-puing bisa jatuh dari kawah akibat hujan lebat.

Semuru sudah berada di ambang batas ketika hujan deras dalam beberapa hari terakhir mengikis kubah lava di gunung berapi dan akhirnya menyebabkannya runtuh. Eko Budi Liluno, yang mengepalai Pusat Penelitian Geospasial Indonesia, mengatakan kepada kantor berita AP. Ini diikuti oleh letusan gunung berapi.

Gunung berapi yang memiliki ketinggian sekitar 3.600 meter ini sering meletus pada tahun ini. Jadi Badan Pemantau Bahaya Geologi Indonesia mengharapkan lebih banyak letusan gunung berapi, tetapi tidak melihat mereka datang saat ini. Letusan gunung berapi diketahui sulit diprediksi.

Indonesia memiliki banyak kaitan dengan letusan gunung berapi. Itu karena negara ini terletak di Cincin Api Pasifik, wilayah berbentuk tapal kuda di sekitar Pasifik di mana sekitar 130 gunung berapi aktif dan banyak gempa bumi terjadi.

Aktivitas vulkanik ini disebabkan oleh lempeng tektonik: di sepanjang anulus, lempeng samudera meluncur di bawah lempeng lain, di mantel merah-panas. Hal ini menyebabkan magma, sebagian karena air yang dibawa bersamanya menyebabkan titik leleh batuan mantel turun, seperti menambahkan garam menurunkan titik leleh es. Ketika magma mencapai permukaan, itu adalah letusan gunung berapi.

READ  Hari ini Fjodor dari Zeewolde mengirimkan 400 lonceng Ratu Elizabeth