BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Timur Tengah Mencair’, Tapi Apakah Drone Iran Sedang Bekerja?

‘Timur Tengah Mencair’, Tapi Apakah Drone Iran Sedang Bekerja?

Saksikan drone di ibu kota Iran, Teheran, pada peringatan Revolusi Islam

Pada hari Kamis, sebuah pangkalan militer AS di Suriah diserang oleh pesawat tak berawak, yang menurut Amerika Serikat berasal dari Iran. Pengeboman bukanlah hal baru di Timur Tengah, tetapi ketegangan sekarang memuncak karena lima tentara Amerika terluka dan satu warga Amerika terbunuh.

Amerika Serikat menanggapi secara paksa dengan serangan udara ke sasaran di timur laut Suriah, menewaskan 11 pejuang pro-Iran. “Pada hari Jumat, pasukan yang berafiliasi dengan Iran melancarkan serangan balik terhadap Amerika,” kata sejarawan dan pakar Iran Peyman Jafari. “Jadi Anda melihat permainan kucing-kucingan berlangsung di Suriah. Dan ini adalah permainan yang berbahaya.”

Karena serangan drone dapat menyebabkan perang skala besar di seluruh wilayah, kata ahli drone Wim Zwijnenberg dari organisasi perdamaian PAX. “Jika ada korban Amerika dalam serangan seperti itu, Washington dapat melihatnya sebagai deklarasi perang oleh Iran. Itulah mengapa penggunaan drone jenis ini berbahaya: melibatkan potensi eskalasi.”

pencairan es di wilayah tersebut

Bahwa sementara ada harapan untuk waktu yang lebih tenang di Timur Tengah. Berkat mediasi China, musuh bebuyutan Iran dan Arab Saudi memutuskan untuk berbicara satu sama lain lagi bulan ini. Jafari: Hubungan antara Iran dan negara-negara Arab meningkat pesat. Presiden Iran akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi minggu depan. Tetapi dengan munculnya pencairan di wilayah tersebut, ada risiko eskalasi antara Iran dan Amerika Serikat dapat memburuk. dalam makanan.”

Dengan drone jenis ini, Anda dapat dengan mudah terbang melewati penghalang keamanan.

Wim Zwijnenberg, pakar drone

Pakar drone mengatakan Iran telah mengembangkan drone selama beberapa dekade. “Apa yang dilakukan Iran: Mereka menyediakan drone untuk milisi di negara-negara di mana mereka aktif, misalnya di Yaman atau Hizbullah di Lebanon. Kelompok-kelompok ini menggunakan drone itu untuk melakukan serangan sendiri.”

Drone Iran di Ukraina

Tetapi program drone Iran tidak terbatas pada Timur Tengah. “Kami tahu bahwa bahkan Venezuela memiliki drone Iran,” kata Zwijnenberg. Kami juga tahu dari Rusia bahwa mereka sering mengerahkan drone Iran.”

Kami baru-baru ini merekam video ini tentang hubungan antara Rusia dan Iran:

Blok kekuatan yang tumbuh melawan Barat?

Serangan di Suriah datang pada waktu yang sensitif. Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat telah terjadi selama beberapa dekade, tetapi telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena kurangnya kesepakatan nuklir baru. Selain itu, Iran telah merasakan tekanan tambahan dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi Barat yang telah memukul ekonomi Iran dengan keras.

Jafari: “Iran tidak memiliki kekuatan ekonomi untuk menanggapi Amerika dengan cara yang sama. Jadi yang dilakukan negara ini adalah perang asimetris: menunjukkan kepada Amerika Serikat melalui sekutu bahwa ia dapat merugikan.”

Contohnya adalah serangan pesawat tak berawak di pangkalan militer AS di Suriah. Diperkirakan Amerika Serikat masih memiliki beberapa ratus tentara di Suriah, yang menurut Washington harus memastikan agar organisasi teroris Negara Islam tidak bangkit kembali.

Rusia dan khususnya Iran memainkan peran utama di Suriah. Dukungan mereka membantu Presiden Bashar al-Assad mendapatkan kembali kendali atas bagian negara yang telah hilang dari pemberontak. Iran terus mendukung milisi pro-Assad di negara itu.

Tidak ada yang menginginkan perang besar

Fakta bahwa milisi berhasil melecehkan Amerika, Zwijnenberg yakin, memukul Washington dengan keras. Awal tahun ini, dia sendiri berada di pangkalan militer yang diserang dan melihat seberapa baik pengamanannya. “Dengan jenis drone ini, Anda dapat dengan mudah terbang melewati semua jenis penghalang keamanan ini dengan bahan peledak kecil dan mengenai target Anda secara langsung. Ini menciptakan masalah keamanan yang meningkat bagi Amerika dan sekutu mereka di wilayah tersebut.”

READ  Pemerintah Inggris mengambil langkah unik untuk memblokir undang-undang transgender Skotlandia | Luar negeri

Pakar Iran Jafari percaya bahwa Iran berhati-hati untuk tidak terlalu memprovokasi Amerika. “Perang sangat mahal dan hanya memiliki efek sebaliknya. Kita sekarang dua puluh tahun setelah dimulainya perang Irak, tidak ada lagi yang menginginkan perang yang melibatkan seluruh wilayah.”