BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

UNESCO menemukan bom ISIS di dinding Masjid Al-Nuri di Irak

UNESCO menemukan bom ISIS di dinding Masjid Al-Nuri di Irak

Masjid Al-Nuri pada tahun 2019. Bangunan ini dibangun kembali setelah dibom oleh ISIS pada tahun 2017.

Berita Noos

UNESCO menemukan lima bom di dinding Masjid Al-Nouri yang bersejarah di kota Mosul, Irak. Menurut PBB, bahan peledak berat tersebut disembunyikan di dinding ruang salat. UNESCO juga melaporkan bahwa tembok itu dibangun khusus untuk mengelilingi bom.

Pihak berwenang Irak mengevakuasi daerah tersebut dan menutupnya. Salah satu dari dua bom tersebut telah dibongkar, dan bahan peledak lainnya akan dikeluarkan dari gedung dan dijinakkan dalam beberapa hari mendatang. Hingga saat ini, pekerjaan restorasi masjid yang dilakukan UNESCO masih tertunda.

negara Islam

Menurut UNESCO dan tentara Irak, bahan peledak tersebut merupakan sisa dari pendudukan Mosul Negara Islam (ISIS). Organisasi teroris tersebut menguasai Mosul pada tahun 2014 dan mendeklarasikan kekhalifahan di Masjid Al-Nuri.

ISIS meledakkan sebagian besar rumah ibadah pada tahun 2017 ketika tentara Irak mengusir organisasi tersebut dari kota.

Garis langit

Setahun kemudian, pada tahun 2018, diumumkan bahwa masjid tersebut akan dibangun kembali. Uni Emirat Arab melaksanakan proses restorasi bekerja sama dengan UNESCO dan Kementerian Kebudayaan Irak.

Masjid ini mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Rumah Doa dibangun pada tahun 1172 dan dinamai menurut nama pendiri Mosul: Nur al-Din Mahmoud Zengi. Menara yang runtuh setinggi 45 meter dan agak miring ke samping. Itu adalah titik terkenal di cakrawala Mosul.

Pekerjaan dimulai pada tahun 2020 dan UNESCO berharap dapat menyelesaikan restorasi pada bulan Desember tahun ini.

READ  Mengapa keluarga kerajaan Inggris begitu tertutup tentang warisan Pangeran Philip | keluarga kerajaan