BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tsingshan China Pertimbangkan Jual Aset Indonesia ke Baowu – Sumber

Tsingshan telah banyak berinvestasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir untuk menjadikan negara Asia Tenggara yang kaya nikel itu sebagai pusat produksi baja tahan karat dan nikel dan pemasok bahan kimia potensial terbesar untuk baterai mobil listrik.

“(Itu) masih dalam diskusi,” kata seorang pejabat Tsingshan, merujuk pada potensi penjualan tanpa rincian lebih lanjut.

Dua sumber lain di Baowo mengkonfirmasi pembicaraan tersebut, dengan salah satu dari mereka mengatakan akuisisi tersebut akan menjadi bagian dari tujuan jangka panjang China Steel Corporation milik negara untuk berekspansi ke sektor baja tahan karat, khususnya di Asia Tenggara.

Baowu juga tertarik untuk berekspansi ke nikel, yang sebagian besar digunakan untuk membuat baja tahan karat.

“Riasan kami di industri nikel sangat terbatas, dan sekarang sudah terlambat untuk membeli bahan baku dan menginvestasikan sejumlah besar uang untuk membangun pabrik,” kata sumber kedua di Bao.

“Tsingshan memiliki niat untuk menjual sebagian aset mereka dan membangun hubungan baik dengan perusahaan milik negara. Kedua belah pihak tertarik untuk membuat kesepakatan,” tambah sumber itu.

Bao tidak menanggapi permintaan komentar Reuters, dan Tsingshan tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Bloomberg News pertama kali melaporkan potensi penjualan pada hari Senin. Nilainya bisa mencapai $4 miliar dan termasuk pabrik baja tahan karat dan besi kasar nikel di Taman Industri Morowali Indonesia.

Alasan penjualan itu adalah bahwa presiden Tsingshan, Xiang Guangda, “mempertimbangkan kembali” masa depan perusahaannya dalam waktu singkat karena ia menghadapi kerugian pasar miliaran dolar, Bloomberg melaporkan.

Tsingshan menjadi sorotan tahun ini setelah kesepakatan nikel pendeknya terungkap karena harga logam melonjak di London Metal Exchange – sebagian di tengah kekhawatiran gangguan pasokan dari Rusia karena sanksi terhadap Ukraina.

READ  Jorritsma menolak menjawab pertanyaan, mengakar di biara Ter Apel dan satu juta euro untuk truk bertenaga hidrogen | Ikhtisar Harian Rabu, 29 Juni