BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ukraina ingin menyiksa Rusia dengan serangan drone di sektor minyak

Ukraina ingin menyiksa Rusia dengan serangan drone di sektor minyak

Kebakaran di kilang minyak Rusia di Ryazan

Berita Noos

Meskipun pergerakan di garis depan terbatas selama berbulan-bulan, jelas bahwa Ukraina semakin melancarkan serangan ke wilayah Rusia – terkadang jauh ke wilayah Rusia, beberapa ratus kilometer melintasi perbatasan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan drone, yang sering dikirim untuk menyerang kilang minyak dan depot penyimpanan. Apa yang ingin dicapai Ukraina dengan hal ini dan bagaimana drone dapat mempengaruhi pertempuran?

Baru kemarin, pada hari pemilu (palsu) Rusia, Kementerian Pertahanan di Moskow melaporkan menembak jatuh 17 drone Ukraina di wilayah selatan Krasnodar, empat di antaranya di sekitar Moskow dan lainnya di wilayah lain. Kebakaran terjadi di kilang minyak di Slavyansk-on-Kuban, di wilayah selatan Krasnodar.

Namun serangan pesawat tak berawak baru-baru ini dilaporkan terjadi di kilang-kilang yang berada jauh di Rusia, misalnya di Ryazan dan dekat Nizhny Novgorod. Ryazan terletak sekitar 200 kilometer tenggara Moskow, dan Nizhny Novgorod terletak di pedalaman. Angka-angka tersebut juga mengkonfirmasi bahwa Ukraina semakin banyak menggunakan drone. Tercatat ada 11 serangan drone di wilayah Rusia pada tahun 2022, tahun lalu jumlahnya 106 dan pada bulan-bulan pertama tahun ini sudah 33.

Mart de Kruif, mantan komandan pasukan darat, mengatakan serangan-serangan ini adalah bagian dari “operasi mendalam” Ukraina. “Serangan di sana ditujukan untuk menutup medan perang dari musuh. Jalur logistik dan pasokan telah terkena serangan.”

De Kruif memperkirakan dampaknya terhadap sektor minyak Rusia terbatas. “Tetapi tujuan Ukraina bukan hanya untuk memenuhi pasokan. Serangan drone memaksa Rusia untuk memindahkan pertahanan udaranya. Akibatnya, Rusia harus membuat pilihan, dan mereka tidak menyukainya.”

“Lebih dalam, lebih sering, lebih sulit”

Menurutnya, hal-hal tersebut hanyalah peniti kecil yang bisa berdampak regional. “Kerusakan pada kilang berarti ketidaknyamanan, namun saya mengerti – mereka dapat memperbaikinya dengan sangat cepat. Namun gudang yang terbakar di dekat perbatasan Ukraina berarti Anda tidak dapat menggunakan produk minyak tersebut dalam perang.”

Menurut Van Guynes, larangan ekspor bensin yang dikeluarkan baru-baru ini bukannya tanpa makna. “Kilang-kilang tersebut ditujukan untuk penggunaan dalam dan luar negeri. Larangan ekspor harus menjamin penggunaan dalam negeri: seperti halnya di Amerika Serikat, semakin tinggi harga bensin, semakin banyak masyarakat yang merasa tidak puas. Kremlin mendapatkan manfaat dari harga yang stabil, tanpa kekurangan. ”

Pakar pertahanan George Demetriou (Clingendael) percaya bahwa Ukraina sedang mencari cara untuk menyerang Rusia. “Segala sesuatunya terhenti di garis depan, jadi mereka mencari cara lain. Anda dapat membuat kekacauan di Kremlin dengan serangan pesawat tak berawak, namun belum ada cukup bukti mengenai hal itu. Itulah sebabnya serangan tersebut harus dilakukan.” “Jadilah lebih dalam, lebih sering, dan lebih keras.”

“Itu adalah gangguan”

Presiden Zelensky mengumumkan pada bulan Desember bahwa Ukraina akan memproduksi lebih dari satu juta drone tahun ini. Negara ini mengatakan memiliki lebih dari 200 perusahaan yang mengerjakan proyek ini. Meskipun Rusia juga tidak tinggal diam, Menteri Kamyshin, yang bertanggung jawab atas industri militer, yakin bahwa Ukraina memiliki keuntungan. Menurutnya, massa dan jumlah tidak menentukan. “Kekuatan kami terletak pada karyawan kami yang kuat, para insinyur kami, yang memberikan solusi yang tepat dan tahu cara menerapkannya.”

Marina Miron, pakar pertahanan di King's College London, meragukan efektivitas serangan pesawat tak berawak di Rusia. “Sebagai upaya untuk menggagalkan pendanaan perang Rusia, saya tidak berharap banyak darinya. Ini hanyalah setetes air di lautan. Paling-paling, ini berguna dalam hal humas: gambar-gambar serangan menunjukkan kepada sekutu Barat: Kita masih berperang. Tapi itu mengalihkan perhatian dari apa yang terjadi di medan perang.”

READ  Obat Pereda Sakit Adiktif: Penyelesaian Perusahaan sebesar $6 Miliar | Masalah keuangan

Menurutnya di sana tidak terlihat bagus. “Ukraina menghadapi kekurangan tenaga kerja dan peralatan yang signifikan. Serangan pesawat tak berawak Rusia tampak hebat di layar, namun tidak menyelesaikan kekurangan ini.”

'Belanda jauh tertinggal'

De Kruif setuju bahwa serangan pesawat tak berawak bukanlah sebuah “pengubah permainan.” “Faktor yang paling menentukan adalah sejauh mana Ukraina mempertahankan dukungan Barat. Ukraina semakin bergantung pada Eropa. Kita sudah terlambat di Belanda. Kita telah membicarakan pembangunan pabrik amunisi selama dua tahun.”

Pada saat yang sama, ia melihat perkembangan positif di Brussel dan ibu kota Eropa lainnya. “Industri mulai lepas landas. Dukungannya belum optimal, tapi bisa juga dikatakan kapasitasnya sudah setengah penuh.”

Menurut pendapat Meron, sebagian besar Eropa sedang berjuang. “Mereka memahami bahwa mereka secara moral harus membantu, namun mereka tidak dapat meningkatkan pasokan dengan cukup cepat. Selain itu, apa yang dilakukan di Eropa harus dibandingkan dengan Rusia, di mana industri perang telah membuktikan ketahanannya.”

Tonton video dari Nieuwsuur ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang perang drone antara Ukraina dan Rusia:

Bagaimana drone mengubah perang di Ukraina?