BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Senat AS menyetujui undang-undang ketidakberpihakan yang lebih ketat | Saat ini

Senat AS pada Selasa menyetujui undang-undang senjata federal yang lebih ketat. Sekelompok senator mempresentasikan RUU yang telah dinegosiasikan selama berminggu-minggu. Dorongan untuk ini adalah penembakan massal di New York dan Texas yang terjadi baru-baru ini di Amerika Serikat.

RUU itu berisi pembatasan sederhana untuk senjata api baru. Ini berkaitan, misalnya, dengan ketentuan yang membantu negara-negara menjauhkan senjata dari tangan orang-orang yang menganggap diri mereka berbahaya bagi diri mereka sendiri atau orang lain. Pembeli senjata antara usia 18 dan 21 juga menjalani pemeriksaan latar belakang yang lebih ketat. Investigasi semacam itu melihat kemungkinan kecelakaan di masa lalu.

RUU tersebut menghubungkan tambahan $15 miliar untuk layanan kesehatan mental dan investasi dalam keamanan sekolah.

Pemungutan suara prosedural pertama diadakan pada hari Selasa, atas dasar itu pemungutan suara yang sebenarnya dapat dilakukan. Yang terakhir akan terjadi akhir pekan ini atau minggu depan, menurut Pemimpin Demokrat Senat Chuck Schumer. Kedua partai, Demokrat dan Republik, akan memberikan dukungan mereka, dengan pemungutan suara hanya formalitas.

Presiden Biden diperkirakan akan menandatangani RUU senjata yang disahkan oleh kedua majelis. Ketika garis besar kesepakatan Senat bocor minggu lalu, dia berkata, “Ini jelas tidak mencakup semua yang saya pikir perlu, tetapi itu mencerminkan langkah-langkah penting ke arah yang benar dan mewakili undang-undang keamanan senjata utama yang dapat disetujui oleh Kongres di dekade terakhir.”

Senjata api di Amerika Serikat

  • Diperkirakan ada 350 hingga 400 juta senjata api di negara ini.
  • Empat puluh persen orang Amerika tinggal di rumah dengan satu atau lebih senjata api.
  • 39.773 orang terbunuh oleh senjata api pada tahun 2017 (dua pertiga dari mereka adalah bunuh diri).
  • Setiap negara bagian memiliki undang-undang senjatanya sendiri.
  • California memiliki undang-undang senjata yang paling ketat, Mississippi memiliki yang paling halus.
READ  Polisi temukan 5 janin di rumah aktivis anti-aborsi | Luar negeri