BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ukraina melakukan serangan pesawat tak berawak di Krimea • Pesawat tempur Rusia mencegat pesawat Polandia di atas Laut Hitam

Ukraina melakukan serangan pesawat tak berawak di Krimea • Pesawat tempur Rusia mencegat pesawat Polandia di atas Laut Hitam

Rekaman yang diambil oleh drone Ukraina menunjukkan bahwa pasukan Rusia menggunakan amunisi fosfor di Bashmut. Sebuah video yang dirilis oleh militer Ukraina pada hari Sabtu menunjukkan hujan api jatuh di kota. Film-film lain menunjukkan kebakaran yang berkobar di lapangan dan di gedung-gedung bashmuyt.

Tidak dilarang menggunakan amunisi fosfor yang terbakar. Hanya jika fosfor digunakan di daerah pemukiman maka dianggap sebagai kejahatan perang secara internasional. Menurut Human Rights Watch, fosfor putih “terkenal berbahaya bagi luka yang ditimbulkannya.

Rusia telah berusaha dengan sia-sia selama berbulan-bulan untuk menduduki kota Pashmut, Ukraina. Pengeboman dan pertempuran Rusia yang terus-menerus menggusur hampir seluruh populasi kota yang berjumlah 70.000 orang, dan kemungkinan besar hanya bangunan kosong yang terkena hujan fosfor. Rusia, yang menginvasi Ukraina lebih dari setahun lalu, dituduh menggunakan amunisi fosfor beberapa kali, termasuk di Kramatorsk dan Mariupol.

Menurut Human Rights Watch, fosfor putih biasanya tidak digunakan terhadap manusia, tetapi sebagai tabir asap untuk menutupi operasi militer lainnya. Gambar dari Bashmut muncul satu hari setelah ledakan online oleh Yevgeny Prigozhin, komandan tentara bayaran Wagner. Berdiri di samping lusinan mayat orang Rusia yang tewas, dia mengkritik Komando Pertahanan yang telah memberikan amunisi yang sangat sedikit kepada anak buahnya, sehingga lebih banyak pejuang Wagner yang tewas di Bashmut daripada yang diperlukan. Prigozhin Dia mengancam akan menarik tentara bayarannya dalam pesan video.

Namun, Ukraina mencurigai tipu muslihat dan mengatakan bahwa Wagner diam-diam mengarahkan lebih banyak pasukan ke Bashmuyt untuk mencoba menaklukkan kota itu. Itu akan berguna mengingat dua tanggal penting yang semakin dekat: 9 Mei, hari Rusia merayakan kemenangan atas Nazi Jerman, dan 15 Mei, hari Ukraina dikabarkan akan melancarkan serangan musim semi besar.

READ  Pihak-pihak yang bertikai di Sudan mengirim delegasi ke pembicaraan di Jeddah

Michael Massa

Baca juga: Pasokan sangat penting untuk serangan musim semi Ukraina – dan rentan