BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pihak-pihak yang bertikai di Sudan mengirim delegasi ke pembicaraan di Jeddah

Pihak-pihak yang bertikai di Sudan mengirim delegasi ke pembicaraan di Jeddah

Jalan sepi di Khartoum

Berita NOS

Delegasi dari pihak yang berperang di Sudan bertemu di kota Jeddah, Saudi untuk pembicaraan penjajakan. Ini diketahui sebagai upaya negosiasi serius pertama sejak pecahnya pertempuran di Sudan tiga minggu lalu.

Dan Menteri Luar Negeri Saudi mengkonfirmasi sebelumnya hari ini bahwa tentara pemerintah dan Milisi Dukungan Cepat telah mengirim delegasi ke kota pesisir Jeddah. Pembicaraan tersebut merupakan inisiatif bersama antara Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Kedua negara ini meminta pihak-pihak yang bertikai untuk mengadakan dialog yang “kami harap akan mengakhiri konflik.” Menteri luar negeri Saudi mengatakan di Twitter bahwa dia berharap pembicaraan itu akan mengarah pada “keamanan dan stabilitas”.

Menyorot

Kedua belah pihak ragu-ragu. Misalnya, RSF menyatakan bahwa pembicaraan di Jeddah semata-mata ditujukan untuk gencatan senjata, sehingga warga sipil dapat meninggalkan wilayah tempat pertempuran berlangsung. Seorang utusan khusus tentara pemerintah, pada gilirannya, mengatakan dia tidak ingin bernegosiasi langsung dengan paramiliter. Oleh karena itu, analis meragukan apakah kompromi akan tercapai dalam waktu dekat.

Ketegangan yang membara selama berbulan-bulan di negara Afrika Timur itu memuncak tiga minggu lalu. Pertempuran berdarah berkecamuk khususnya di Khartoum sejak saat itu. Puluhan ribu penduduk melarikan diri dari ibu kota dan setidaknya 500 warga sipil tewas dalam kekerasan tersebut. Dalam beberapa pekan terakhir, gencatan senjata dan gencatan senjata telah disepakati beberapa kali, namun kekerasan berulang kali meletus.

READ  50.000 cedera, tapi sudah waktunya untuk 'Hari Kebebasan' di Inggris