BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ukraina memulai penyelidikan atas tuduhan eksekusi tentara Ukraina.  Moldova mengecam larangan Rusia atas impor buah-buahan dan sayuran

Ukraina memulai penyelidikan atas tuduhan eksekusi tentara Ukraina. Moldova mengecam larangan Rusia atas impor buah-buahan dan sayuran

Moldova menggambarkan larangan impor buah-buahan dan sayur-sayuran yang dilakukan Rusia sebagai tindakan yang tidak berdasar. Menurut badan tersebut, pembatasan tersebut tidak didasarkan pada argumen nyata, dan penelitian laboratorium menegaskan tidak adanya zat berbahaya.

Badan Pengawasan Produk Pertanian Rosselkhoznadzor Rusia mengumumkan Kamis lalu bahwa larangan impor buah-buahan dan sayuran Moldova akan mulai berlaku mulai besok. Zat-zat yang tidak diinginkan dalam buah-buahan dan sayuran dapat menyebabkan kerugian miliaran dolar pada pertanian Rusia. Pihak berwenang Moldova dikatakan tidak berbuat banyak untuk memperbaiki situasi.

Reuters – Pertemuan di Kiev pada 21 November 2023 antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dan Presiden Moldova Maia Sandu.

Tindakan Rusia tersebut tampaknya merupakan respons terhadap keputusan Moldova yang ikut serta dalam sanksi Uni Eropa terhadap Rusia. Baru-baru ini, Menteri Luar Negeri Moldova, Nico Popescu, mengumumkan bahwa Moldova telah bergabung dengan empat paket sanksi Uni Eropa terhadap Rusia dalam delapan belas bulan terakhir. Hal ini membuat marah Rusia, yang mengatakan akan mengambil tindakan pembalasan terhadap negara bekas Soviet tersebut.

Hubungan antara Rusia dan Moldova telah memburuk selama beberapa waktu. Moldova, yang dipimpin oleh Presiden pro-Eropa Maia Sandu, mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan menuduh Moskow merencanakan kudeta di negara tersebut antara Ukraina dan Rumania. Sejak Juni tahun lalu, Moldova bersama Ukraina juga menjadi calon anggota Uni Eropa.

Sebas van Aert

Baca juga: Pada KTT Eropa di Chisinau, Moldova berkata kepada Rusia: Kami memilih Eropa dan Melalui rumput gajah, Anatoly Sandu ingin membantu Moldova (dan Rusia) menghilangkan gas tersebut.

READ  Ratusan petugas polisi ditangkap dan terluka dalam protes kekerasan pada 1 Mei di Prancis