BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan Google Pixel 8a – Pecandu Narkoba

Singkatnya

Google Pixel 8a adalah smartphone luar biasa dengan spesifikasi dan fitur yang mirip dengan Pixel 8. Artinya, Anda dapat memilih versi yang lebih murah ini dan di atas kertas memiliki ponsel kelas menengah yang sama kuatnya dengan kakaknya. Tentu saja ada hal-hal yang dikurangi. Kameranya sedikit lebih rendah dibandingkan Pixel 8, tetapi tidak membuat banyak perbedaan. Bagian belakang case terbuat dari plastik, namun ponsel tetap terasa premium. Pixel 8a, seperti pendahulunya, tahan air (IP67). Selain itu, ponsel ini memiliki SoC Tensor 3 yang sama dengan Pixel 8, meskipun suhunya kurang dingin dan akselerasinya lebih cepat, sehingga mengakibatkan penurunan performa dalam beberapa situasi. Ada juga beberapa area di mana ponsel beranggaran rendah ini mengungguli saudaranya yang lebih besar. Layar lebih cerah dan baterai tahan lebih lama. Pengisian daya sama lambatnya dengan pendahulunya dan lebih lambat dibandingkan Pixel 8. Dari segi perangkat lunak, Pixel 8a sama dengan Pixel 8. Semua fitur dapat digunakan, termasuk fungsi AI, dan terdapat dukungan selama tujuh tahun. tersedia. Tersedia juga untuk smartphone kelas menengah ini.

Google Pixel 8a merupakan edisi keenam dari ponsel Pixel seri A. Google meluncurkan seri ini dengan tujuan memperkenalkan perangkat Google kepada orang-orang dengan anggaran terbatas. Selama bertahun-tahun, seri A semakin mirip dengan Pixel biasa. Ponsel yang lebih murah memiliki prosesor yang sama, jumlah memori yang sama, kamera yang kurang lebih sama, dan pengalaman perangkat lunak yang sama.

Idenya adalah Anda dapat membeli ponsel yang lebih murah ini dengan harga ratusan euro lebih murah dibandingkan versi andalannya dan tetap memiliki sesuatu yang hampir sama bagusnya dengan perangkat yang lebih mahal. Dalam praktiknya, sejauh ini terkadang cara kerjanya berbeda. Pada saat penulisan, Pixel 8a dihargai €550, sedangkan Pixel 8, yang awalnya berharga €800, kini turun menjadi sekitar €600 dan karenanya hanya €5 lebih mahal. Meskipun Pixel 8 dan 8a serupa dalam banyak hal, Pixel 8a tetap merupakan versi anggaran dari Pixel 8, dengan beberapa sudut yang terpotong.

Google Piksel 8aGoogle Piksel 8a

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Anda sebaiknya tidak mendapatkan Pixel 8 biasa dengan semua fitur tambahan dengan tambahan 50 euro atau apakah Anda dapat menyimpan 50 euro di saku Anda dan memilih perangkat dengan kualitas yang hampir sama. Pixel 8a memiliki SoC yang sama dengan Pixel 8, memori yang sama, kamera 64 megapiksel dengan resolusi lebih tinggi daripada 50 megapiksel, resolusi layar yang sama, dan penyimpanan yang sama. Anda juga dapat melihat apakah Anda bisa mendapatkan ponsel andalan lama dengan harga yang sama. Samsung Galaxy S23 saat ini mahal, dan berkat Qualcomm Snapdragon 8 gen 2, ia dapat meninggalkan Pixel dalam beberapa hal. Kami telah menyelesaikan semuanya dan Anda dapat membaca hasilnya di ulasan ini.

READ  Ulasan OnePlus Nord 2 - Pendahuluan

Pemrograman

Sama seperti kakaknya, Google Pixel 8a dibekali Android 14. Dari luar, tidak ada perbedaan mencolok dengan sistem Android yang berjalan di Pixel 8. Semua fungsi yang bisa ditemukan di smartphone lebih mahal juga hadir. di 8a, termasuk semua pekerjaan kecerdasan buatan. Meskipun Samsung membuat perbedaan yang jelas di bidang ini antara perangkat kelas menengah di seri A dan ponsel pintar kelas atas di seri S, dengan Pixel 8 dan 8a, pemotongan pada komponen tertentu telah dilakukan terutama di bidang perangkat keras. Dimungkinkan juga untuk membuat latar belakang AI, penghapus ajaib untuk mengedit foto, objek bergerak, atau “lingkaran untuk mencari” di 8a. Bahkan Gemini Nano, AI pada perangkat yang awalnya ditujukan untuk ponsel andalan, akan hadir di 8a.

Hal ini juga berlaku untuk pembaruan perangkat lunak. Samsung memberi perangkat murahnya pembaruan selama lima tahun, sedangkan perangkat andalannya memberi waktu tujuh tahun. Google memberi Pixel 8 dan 8a pembaruan selama tujuh tahun. S23 akan didukung selama lima tahun ke depan, karena Samsung hanya memperkenalkan ukuran ini pada seri S24. Pixel 8a dapat digunakan setidaknya hingga tahun 2031 hingga Google mencabutnya. Anda kemudian dapat memperpanjang umur perangkat lunak lebih jauh dengan menggunakan ROM khusus. Google tidak membuat keributan ketika membuka kunci bootloader, yang membuat pemasangan ROM khusus menjadi mudah. Faktanya, Google sangat mudah dalam hal ini sehingga Pixel adalah ponsel termudah untuk digunakan dengan Android versi gratis Google. Pikirkan GrapheneOS atau /e/. Saat ini tidak ada ROM khusus yang tersedia untuk Pixel 8a, tetapi mengetahui Google dan komunitas, hal itu akan segera berubah.

Kami telah membahas fitur lainnya, termasuk penghapus ajaib, objek animasi, dan pembuatan wallpaper, secara mendetail di ulasan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro kami, dan untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk ke artikel tersebut.

READ  Kritik Chromebook: "Mereka tidak bertahan cukup lama"