BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan PlayStation VR2 – Tweaker

Ulasan PlayStation VR2 – Tweaker

PlayStation VR

PlayStation VR2 adalah headset berkualitas tinggi yang dapat diakses. Menghubungkan dan menyiapkan sangat mudah dan headset sangat baik untuk disesuaikan. Berkat dua layar OLED, yang menghadirkan resolusi 2000 x 2040 piksel untuk setiap mata, semuanya terlihat bagus dan tajam, hingga empat kali lebih tajam dari PS VR asli. Dengan gemuruh di headset, pelacakan mata, dan bidang pandang 110 derajat, kacamata ini memiliki beberapa fitur yang tidak akan terlihat aneh pada rangkaian PC VR kelas atas. Sony juga menghilangkan efek screen door dan god ray yang masih menjadi masalah untuk versi pertama. Namun, efek mura kembali lagi, yang bagi sebagian orang sangat membatasi kesenangan. Kacamata ini juga bisa dirasakan lebih menegangkan daripada kacamata realitas virtual lainnya, meskipun itu pada akhirnya bersifat subyektif. Konten yang tersedia sekarang bagus dan dengan Horizon: Call of the Mountain dan Gran Turismo 7 memiliki dua pengalaman VR yang luar biasa. Namun, akan menjadi penting berapa banyak konten berkualitas tinggi yang ditambahkan dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, karena hal ini umumnya menghadirkan tantangan yang lebih besar untuk game VR daripada ketersediaan perangkat keras yang hebat.

Ini lebih kecil dari yang saya kira. Dari semua hal yang sudah saya ketahui tentang Aloy, semua hal yang saya alami selama beberapa tahun terakhir di dunia Horizon yang indah, ini adalah sesuatu yang hanya bisa saya alami di VR: berdiri sendiri, bertatap muka dengan pahlawan wanita dari Horizon: Zero Dawn dan Horizon: Forbidden West dan menyimpulkan bahwa wanita bertubuh besar ini sebenarnya cukup mungil. Tidak, tentu saja tinggi badan saya belum tentu ditampilkan dengan benar di dalam game sehingga tidak mungkin untuk menentukan tinggi relatif Aloy, tetapi ini menjelaskan semua tentang pengalaman. Dengan PlayStation VR2, Anda benar-benar melihat dunia Horizon dengan cara yang berbeda.

READ  Ulasan iPhone 15 (Pro): Tidak perlu lagi membeli iPhone baru setiap dua tahun | Teknik

PlayStation VR2 tentu saja merupakan penerus PlayStation VR, perangkat realitas virtual yang memulai debutnya untuk PlayStation 4 pada akhir tahun 2016. Inilah pintu terbuka: yang baru lebih baik. Sangat logis. Sony telah menghabiskan lebih dari enam tahun untuk meningkatkan versi pertama dengan berbagai cara dan juga dapat mengandalkan perangkat keras PlayStation 5, yang tentu saja lebih unggul dari pendahulunya. Kami akan melakukan perbandingan antara kedua kacamata, tetapi menarik untuk melihat bagaimana PS VR2 dibandingkan dengan level saat ini di pasar VR yang lebih luas. Tentu saja kami tidak dapat benar-benar membuat perbandingan ini, jika hanya karena kami tidak memiliki atau belum dapat mencoba semua kacamatanya, tetapi setidaknya kami dapat memberikan gambaran tentang bagaimana kinerja PS VR2 secara keseluruhan.

Perbaikan PS VR2 dari aslinya dimulai langsung dari kotaknya. Ternyata ini bukan hanya pengemasan, tetapi juga kotak penyimpanan yang berguna untuk headset dan pengontrol: sangat mudah untuk mengembalikannya dan membawanya. Mungkin bukan yang terpenting, tapi bermanfaat. Apa yang Anda dapatkan di luar kotak terbatas pada headset dengan kabel USB-C yang panjang, pengontrol, dan kabel USB-C untuk menyambungkan pengontrol. Tidak ada kabel atau kotak tambahan yang gila untuk diletakkan di antara konsol dan headset: salah satu kelemahan terbesar dari PS VR pertama. Versi baru ini hanya membutuhkan kabel untuk dihubungkan ke PlayStation 5. Kabelnya tentu saja lebih dari tidak ada kabel, tetapi kabelnya hampir tidak menghalangi saat Anda bermain. Panjangnya cukup untuk bergerak bebas, tapi bukan kebebasan yang Anda miliki dengan Meta Quest 2, misalnya. Saya hampir tidak peduli dengan kabelnya, tetapi Woot merasa terkekang olehnya dan di Horizon dia merasa ingin berputar lebih lambat dan lebih banyak menggunakan thumbstick, karena dia merasa terikat pada kabel.

READ  Google mengumumkan Pixel Fold, detail lebih lanjut datang 10 Mei - Tablet & Ponsel - Berita

Sangat baik untuk modifikasi

Menghubungkan PS VR2 sangatlah mudah. Anda menghubungkan pengontrol Sense yang disertakan dengan kabel USB-C dan headset berfungsi segera setelah Anda menyalakan dan mematikannya. Itu sangat sederhana. Headset ini dilengkapi dengan tali yang dapat dilepas dan ditarik dengan mudah ke atas kepala Anda. Kemudian kencangkan tali dengan cakram dan Anda dapat mengubah posisi kacamata dengan menekan tombol dan mendorong kacamata ke arah mata Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan dial lain untuk menyesuaikan posisi lensa dengan posisi pupil Anda. Berkat bingkai karet di sekeliling kacamata, sangat mungkin untuk menemukan posisi nyaman yang bekerja dengan baik, karena hampir tidak ada cahaya luar yang masuk ke mata Anda. Yang terlihat dengan sistem PS VR2 adalah headset bisa terasa sedikit sempit. Kami mencapai kualitas gambar terbaik dengan mengencangkan tali dengan benar, yang memberi terlalu banyak tekanan pada kepala Anda dan meninggalkan bekas yang bagus di dahi Anda.

Pertanyaan lanjutan pada poin ini, yang juga banyak kami lihat di komentar di bawah pratinjau CES, adalah: Bagaimana dengan pemakai kacamata? Jika kualitas gambar terbaik dicapai dengan pas, dapatkah Anda melakukannya dengan kacamata? Menjawab: Tentu saja mungkin, tetapi Anda akan kalah dalam hal kebocoran cahaya. Headset harus diletakkan agak jauh dari kepala Anda. Kabar baiknya adalah hal ini dapat memberikan hasil yang bagus bagi pemakai kacamata, tetapi segel karetnya akan sedikit kurang rapat dibandingkan jika Anda dapat meletakkan PS VR2 dengan kuat di kepala Anda tanpa mengenakan kacamata itu sendiri.