BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ulasan: Sony WH-1000XM5 adalah salah satu headphone peredam bising terbaik | sekarang

Keheningan memiliki harga yang mahal, seperti yang dibuktikan oleh Sony WH-1000XM5. Headphone peredam bising baru dari perusahaan Jepang ini dibanderol dengan harga 420 euro, tetapi sebagai imbalannya Anda mendapatkan perangkat yang mungkin merupakan headphone terbaik di pasar.

Ini adalah versi singkat dari file Ulasan lengkap Dari WH-1000XM5 di Tweaker.

Sony telah menjadi nama besar dalam hal headphone peredam bising dalam beberapa tahun terakhir. Reputasi ini sangat bergantung pada keberhasilan MDR-1000X. Headphone ini, sekarang berusia sekitar enam tahun, telah menjadi dasar dari banyak model Sony yang lebih baru.

Jenis headphone ini sering memiliki masa pakai yang lama, karena model lama tetap tersedia dengan harga diskon yang tajam untuk waktu yang lama. Perbedaan kecil antara model baru dan lama sering membuat kelompok yang terakhir menarik untuk sementara waktu.

Hal pertama yang Anda perhatikan tentang WH-1000XM5 adalah penampilannya. Ini berbeda secara signifikan, untuk pertama kalinya, dari MDR-1000X klasik dan latar belakangnya. Pergeseran dari logam ke plastik yang lebih ringan sangat mencolok.

Tapi perubahannya jauh dari kosmetik. Jumlah mikrofon ganda akan meningkatkan pembatalan bising dan membuat Anda lebih memahami selama panggilan. Driver baru, chip Bluetooth yang lebih baik, dan kemampuan untuk mengisi daya lebih cepat juga merupakan perbedaan penting.

Kerugiannya adalah bahwa uang muka ini memiliki label harga 420 euro. Itu €200 lebih mahal dari harga WH-1000XM4, model Sony sebelumnya, saat ini. Apakah WH-1000XM5 sepadan dengan harga ini?

Bahan plastik sesuai selera

Beralih dari logam ke plastik adalah masalah selera. WH-1000XM5 telah dilapisi dengan kulit imitasi dan bagaimanapun juga terlihat sangat berbeda dari pendahulunya. Desainnya diterima dengan baik oleh editor. Kekurangannya adalah WH-1000XM5 kurang dapat dilipat karena tidak adanya engsel pada wishbone. Anda bisa meratakan cup telinga, tapi hanya itu. Dengan demikian, tas jinjing yang disertakan sedikit lebih besar dari yang Anda harapkan.

READ  Gambar pertama menunjukkan kartu grafis aftermarket RTX 3090 Ti 3,5 hingga 4 slot yang lebih dingin

Untungnya, desain baru tidak mempengaruhi kenyamanan. WH-1000XM5 adalah sepasang headphone yang sangat nyaman yang tidak mengalami malfungsi setelah beberapa jam digunakan. Kerugiannya adalah bantalan telinga tidak mudah dilepas, yang dapat menghambat perawatan jangka panjangnya. WH-1000XM5 juga tidak tahan percikan. Jadi hati-hati jika Anda berjalan di tengah hujan dengan ini, karena membeli yang baru adalah lelucon yang mahal.

Dalam hal penggunaan, sedikit yang berubah sejak WH-1000XM4. Masih ada dua tombol di sebelah kiri dan bagian sensitif sentuhan di sebelah kanan, di mana Anda dapat menghidupkan atau mematikan musik dengan menggesek dan mengetuk dua kali. Fungsi tombol dapat diatur melalui aplikasi Sony, sehingga Anda dapat, misalnya, memilih untuk mengubah mode pembatalan bising dengan beberapa penekanan tombol atau menelepon dengan bantuan Google Assistant atau Alexa.

Selain itu, fungsi terkenal dari mantan kembali lagi, seperti “berbicara untuk mengobrol”. Dengan ini, headphone secara otomatis mengizinkan suara sekitar lewat segera setelah mikrofon mendengar Anda berbicara, sehingga Anda tetap dapat melakukan percakapan. Ada juga sensor untuk mendeteksi keausan, yang dengannya Anda dapat menjeda musik secara otomatis saat Anda melepas headphone.

Tidak ada suara, kejelasan yang lebih baik

WH-1000XM4 masih merupakan salah satu headphone peredam bising terbaik di pasaran. Namun, WH-1000XM5 mencoba untuk mengungguli pendahulunya dengan delapan mikrofon built-in, bukan empat dan algoritme peredam bising angin yang baru, misalnya. Pembatalan kebisingan sekarang ditingkatkan secara otomatis dan tidak dapat disesuaikan secara manual saat ini.

Dalam pengujian kami, WH-1000XM5 sangat mengesankan. Nada rendah ditekan secara efektif, lebih baik daripada model serupa dari Bose yang bersaing. Peningkatan terbesar dibandingkan dengan WH-1000XM4 adalah pada kisaran menengah, di mana kebisingan dan kebisingan lalu lintas menghilang sedikit lebih baik di latar belakang. Desis, suara yang membatalkan sendiri, yang terdengar pelan dengan WH-1000XM4, juga menghilang.

READ  Rebellion menghadirkan gameplay pertama Sniper Elite 5 dan gamenya akan dirilis pada 2022 - Game - Berita

Untuk menguji peningkatan peredam bising angin, kami berdiri di depan kipas angin. Tidak ada perbedaan yang terdengar dengan WH-1000XM4. Anda mungkin membutuhkan hembusan yang lebih kuat untuk ini.

Peningkatan terbesar dibandingkan pendahulunya adalah kejelasan selama panggilan. Ini adalah masalah yang berulang dengan model sebelumnya, tetapi berkat peningkatan jumlah mikrofon dan penyaringan kebisingan sekitar, langkah besar telah diambil. Bahkan selama kerutan kantong kertas yang mengganggu, kami masih bisa mendengar dengan jelas. Juga, menelepon sambil duduk tepat di depan kipas angin tidak menyebabkan masalah di ujung telepon yang lain.

Fitur tidak dapat membantu batu sandungan terbesar

WH-1000XM5, sama seperti pendahulunya, adalah headphone hebat dengan berbagai fitur dan pengoperasian yang menyenangkan. Pembatalan kebisingan benar-benar bagus, tetapi sekarang bahkan lebih baik. Dan dengan meningkatkan kejelasan, Sony mampu mengatasi salah satu kekurangan penting dari pendahulunya.

WH-1000XM5 juga mengisi daya lebih cepat, meskipun masa pakai baterai tetap tidak berubah saat pembatalan bising diaktifkan. Suaranya juga tetap hangat, kaya akan bass, dan dapat disesuaikan dengan baik bagi mereka yang lebih menyukai suara yang lebih jernih.

Namun, tidak satu pun di atas dapat melakukan apa pun tentang batu sandungan terbesar yang kami temui dengan headphone ini: harganya. WH-1000XM5 memiliki peningkatan besar, tetapi sulit untuk membenarkan $420 atas dasar itu ketika WH-1000XM4 tersedia seharga $220.

Belum lagi WH-1000XM3 dan model sebelumnya tersedia dengan harga lebih murah. Bagaimanapun, ini masih produk unggulan.