BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Under the Smoke…: Dari mana ungkapan ini berasal?

Anda tahu pepatah ‘Saya tinggal di dekat … Ede misalnya’? Misalnya, jika Anda tinggal di Bennekom, Bennekomers tidak akan mengatakannya dengan mudah. Apa maksud sebenarnya dari pernyataan itu? Dari mana asalnya?

Kita harus kembali ke masa lalu dan ke sisi lain dunia untuk asal mula pernyataan ini.

subjek mengatakan

Kebanyakan orang tahu pengucapannya. Jika Anda tinggal di dekat Ede, itu berarti Anda tinggal sangat dekat dengan Ede. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah menjelaskan lokasi geografis tempat tinggal Anda. Umumnya, ungkapan ini berasal dari kenyataan bahwa lebih banyak kabut asap di kota daripada di desa. Itu pasti karena industri, dan Ede untuk sementara waktu adalah pabrik terbesar di negara ini.

Franois Valentinian

Tapi siapa yang pernah membuat pernyataan itu? Dari mana asalnya? Ada referensi kuno untuk ungkapan ini Kamus Bahasa Belanda Sejak 1726. François Valentijn (Dortrecht, 17 April 1666 – Den Haag, 6 Agustus 1727), seorang menteri dan penulis Dordrecht, menulis buku tersebut. Hindia Timur Lama dan Baru Di sana dia menggunakan ekspresi dalam kalimat:

Pulau Onrest, tiga mil jauhnya dari Batavia, dan seperti asap kota ini,

François Valentijn mengudara dua kali ke ‘de Oost’, dengan kata lain Indonesia dan sekitarnya. Di sana dia menulis bukunya Hindia Timur Lama dan Baru. Ini adalah catatan sejarah yang sangat rinci Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC). Buku ini terdiri dari lima bagian, 5.144 halaman dan 1.050 ilustrasi.

Jadi Anda melihat bahwa ekspresi yang sangat normal memiliki penampilan khusus.

Baca selengkapnya:

READ  Kalender sementara MotoGP 2022: 21 akhir pekan Grand Prix