BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Situasi di Taiwan Dapat Menyebabkan Konflik Terbuka”

Nancy Pelosi melakukan kunjungan bersejarah dan kontroversial ke Taiwan pada hari Rabu. © AB

Situasi di Taiwan dapat menyebabkan “konflik terbuka”. Pada hari Kamis, menteri luar negeri ASEAN, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, mengeluarkan peringatan di Phnom Penh. Mereka mengatakan mereka “prihatin” tentang manuver militer besar yang diumumkan Beijing di seluruh pulau. Kepala kebijakan luar negeri Eropa Joseph Borrell mengutuk manuver militer “agresif” China.

mtmSumber: Belgia

“ASEAN prihatin dengan ketidakstabilan internasional dan regional, terutama perkembangan terakhir di kawasan lintas batas ASEAN, yang dapat menyebabkan salah perhitungan, konflik serius, konflik terbuka, dan konsekuensi tak terduga bagi negara-negara besar,” katanya dalam sebuah pernyataan bersama. Dari para menteri luar negeri ini rombongan sepuluh negara Asia, termasuk Indonesia dan Thailand.

Bagi Borel, “tidak ada pembenaran” untuk menggunakan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai “alasan”. “Adalah normal bagi anggota parlemen dari negara kami untuk bepergian,” kata Borell di Twitter. Pria Spanyol itu juga berada di Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN, seperti juga menteri luar negeri Amerika dan China Anthony Blinken dan Wang Yi.

Militer China akan memulai manuver militer terpenting dalam sejarahnya di sekitar Taiwan pada Kamis.

Baca lebih banyak.

READ  Gempa berkekuatan 4,8 mengguncang Luke, Kabuden Bangkok, Sulawesi Tengah, Indonesia