BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Unggulan SpaceX Falcon 9 meluncurkan lebih banyak satelit Starlink – Spaceflight Now

Liputan langsung hitung mundur peluncuran roket SpaceX Falcon 9 dari Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station di Florida. Misi Starlink 4-12 akan meluncurkan 53 satelit Starlink skala penuh SpaceX berikutnya. Ikuti kami Indonesia.

SFN Langsung

siaran web SpaceX

Misi Suara SpaceX

53 satelit SpaceX lainnya diluncurkan ke orbit di atas roket Falcon 9 tepat setelah tengah malam Sabtu dari Cape Canaveral. Booster Falcon 9 yang dapat digunakan kembali telah menyelesaikan misi kedua belas yang sukses ke luar angkasa, menjadikannya unggulan armada dalam inventaris SpaceX. Lepas landas terjadi pada 12:42 EDT (0442 GMT).

Pesawat pendorong yang terbang Sabtu pagi, yang dikenal sebagai B1051, mendarat di atas kapal drone SpaceX yang diparkir “Just Read the Instructions” sekitar 400 mil (640 kilometer) di Samudra Atlantik, tepat di sebelah timur Charleston, Carolina Selatan.

Misi, bernomor Starlink 4-12 dalam jadwal peluncuran SpaceX, menandai dimulainya kembali peluncuran Falcon 9 menuju timur laut dari pantai ruang angkasa Florida. Sejak awal tahun, peluncuran SpaceX dengan satelit Starlink telah mengarah ke tenggara, mengambil jalur berbeda ke orbit yang sama dengan kemiringan 53,2 derajat ke khatulistiwa.

SpaceX mengubah arah peluncurannya di bulan-bulan musim dingin karena kemungkinan cuaca rendah yang lebih baik di dekat Bahama daripada area pendaratan yang didorong di timur laut Cape Canaveral.

Starlink 4-12 bertujuan untuk mengirimkan batch pesawat ruang angkasa lain ke orbit untuk jaringan broadband Starlink yang didanai secara pribadi, peluncuran keenam berturut-turut perusahaan yang didedikasikan untuk meningkatkan satelit untuk konstelasi Internet besar-besaran.

SpaceX mengatakan Jumat malam itu memindahkan peluncuran ke peluang siaga karena cuaca buruk di Cape Canaveral, jauh melewati waktu peluncuran pertama yang tersedia pada 11:23 malam EDT (0323 GMT).

READ  Berinvestasi dalam Jurnalisme Progresif yang Berani

Dalam prakiraan peluncuran cuaca resmi, ahli meteorologi dari Skuadron Meteorologi ke-45 Angkatan Luar Angkasa AS di Cape Canaveral memperkirakan 70% kemungkinan peluncuran Falcon 9 pada Jumat malam hingga Sabtu.

Booster yang terbang pada misi Starlink 4-12 memulai debutnya pada Maret 2019 dengan uji terbang tanpa awak pesawat ruang angkasa SpaceX’s Crew Dragon, yang membuka jalan bagi peluncuran SpaceX berikutnya dengan astronot. Booster diluncurkan dari ketiga platform SpaceX aktif di Florida dan California, termasuk uji terbang Crew Dragon 2019, misi dengan tiga satelit pencitraan Bumi dari Radarsat Kanada, satelit siaran SXM 7 SiriusXM, dan delapan penerbangan Starlink.

Baru-baru ini, roket diluncurkan pada 18 Desember dari Vandenberg Space Force Base di California, kemudian mendarat di atas kapal tak berawak SpaceX yang mengambang di Samudra Pasifik.

Ketika versi roket Falcon 9 saat ini – yang dikenal sebagai Blok 5 – pertama kali diluncurkan pada 2018, pejabat SpaceX mengatakan bahwa pendorong tersebut dapat terbang 10 kali sebelum memerlukan perombakan besar-besaran. Setelah menyaksikan bagaimana tim darat memperbarui dan menggunakan kembali booster Falcon 9 — dan mendukung 119 peluncuran Falcon yang berhasil — SpaceX sekarang mendorong batas harapan hidup roket.

Tiga penguat Falcon telah diterbangkan 11 kali menuju misi Starlink 4-12.

Sementara tahap pertama roket Falcon 9 kembali ke Bumi untuk mendarat di laut timur Carolina, tahap kedua menembakkan mesin tunggal untuk mencapai orbit transfer awal. Pembakaran lain sekitar 45 menit setelah lepas landas menempatkan satelit Starlink ke orbit yang sesuai untuk memisahkan mereka.

Pesawat ruang angkasa yang penuh sesak melompat dari tahap atas Falcon 9 sekitar 59 menit setelah lepas landas.

Satelit Starlink akan memperluas susunan surya dan menggunakan pendorong ion onboard untuk mencapai orbit operasional mereka pada ketinggian 335 mil (540 kilometer), di mana mereka akan memasuki layanan komersial SpaceX.

READ  Bagian dalam bumi menelan lebih banyak karbon daripada yang diperkirakan - menjebaknya jauh ke dalam

SpaceX kini telah meluncurkan 2.335 satelit Starlink sejauh ini, termasuk pesawat ruang angkasa yang telah dinonaktifkan atau mengalami kegagalan. Ada lebih dari 2.000 satelit ini di orbit dan beroperasi pada hari Sabtu, menurut daftar yang dikelola oleh Jonathan McDowell, seorang astrofisikawan yang melacak aktivitas luar angkasa dengan cermat.

Membaca Cerita pratinjau misi untuk lebih jelasnya.

roket: Falcon 9 (B1051.12)

Muatan: 53 satelit Starlink (Starlink 4-12)

situs peluncuran: SLC-40, Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida

Tanggal makan siang: 19 Maret 2022

waktu peluncuran: 12:42:30 EST (0042:30 GMT)

Prakiraan Cuaca: 70% kemungkinan cuaca yang dapat diterima; Risiko rendah dari kondisi yang tidak menguntungkan untuk pemulihan yang ditingkatkan

Pemulihan dari penguatan: Kapal tak berawak bertuliskan slogan “Just Read Instructions” di sebelah timur Charleston, Carolina Selatan

PELUNCURAN AZIMUTH: timur laut

orbit sasaran: 189 mil kali 197 mil (304 kilometer kali 318 kilometer), 53,2 derajat mil

Garis waktu peluncuran:

  • T+00:00: lepas landas
  • T+01: 12: tekanan udara maksimum (Max-Q)
  • T+02:32: Pemutusan mesin utama tahap pertama (MICU)
  • T+02:35: Pemisahan fase
  • T+02:42: Nyalakan mesin di tahap kedua
  • T+02:52: Hilangkan ketenangan
  • T+06:19 : Penyalaan pembakaran memasuki tahap pertama (tiga mesin)
  • T+06:39: Pembakaran masuk tahap pertama terputus
  • T+08:07: Penyalaan pembakaran tahap pertama (mesin tunggal)
  • T+08:29: Pendaratan tahap pertama
  • T+08: 47: Pemutusan mesin pada tahap kedua (SECO 1)
  • T+45:29: Tahap kedua dimulai ulang
  • T + 45: 30: Mesin mati pada tahap kedua (SECO 2)
  • T + 1: 02: 26: Pemisahan satelit Starlink

Statistik pekerjaan:

  • Peluncuran Falcon 9 ke-145 sejak 2010
  • Peluncuran keluarga Falcon ke-153 sejak 2006
  • Peluncuran kedua belas dari Falcon 9 Booster B1051
  • Falcon 9 #127 diluncurkan dari pantai luar angkasa Florida
  • Peluncuran Falcon 9 #82 dari platform 40
  • Rilis ke-137 secara keseluruhan dari pelat 40
  • Penerbangan 88 dari penguat Falcon 9 yang digunakan kembali
  • Peluncuran Falcon 9 kustom ke-41 dengan satelit Starlink
  • Falcon 9 Peluncuran ke-11 pada tahun 2022
  • Peluncuran kesebelas oleh SpaceX pada tahun 2022
  • Peluncuran orbit kedua belas dari Cape Canaveral pada 2022
READ  Kembalinya sebuah roket besar China yang terlihat di atas pulau Kalimantan - Spaceflight Now

Kirim email ke penulis.

Ikuti Stephen Clark di Twitter: penyematan tweet.