BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Uni Eropa menginginkan sanksi, tetapi seberapa banyak perdagangan sebenarnya dengan Belarusia?

Negara-negara anggota Uni Eropa dengan cepat menginginkan sanksi ekonomi terhadap Belarusia atas penangkapan seorang jurnalis Protasvit Romawi. Dia sedang dalam penerbangan antara negara-negara Uni Eropa Yunani dan Lithuania, ketika Belarusia memaksa pesawat untuk mendarat dan ditangkap.

Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, mengatakan sanksi harus mencakup maskapai penerbangan dan perusahaan Belarusia yang mendanai sistem tersebut. Tetapi berapa banyak perdagangan dengan Belarusia dan jenis produk serta perusahaan apa yang sedang kita bicarakan?

Mitra bisnis kedua

Uni Eropa menyumbang hampir 20 persen dari perdagangan barang antara Belarusia dan luar negeri. Tahun lalu Uni Eropa mengimpor Untuk sekitar 3,9 miliar Euro dari Belarusia diekspor sekitar 6,2 miliar.

Ini menjadikan Belarusia mitra dagang kedua di Uni Eropa. Sejauh ini, mitra dagang terbesar adalah tetangganya Rusia, yang jumlahnya sekitar setengahnya. Ngomong-ngomong, kita seharusnya tidak mengharapkan sanksi apa pun dari Rusia: negara itu membela pekerjaan Belarusia.

Badan Usaha Milik Negara

Sebagian besar ekonomi dan ekspor Belarusia berada di tangan perusahaan milik negara. Menurut Belarusia Kantor statistik Pada 2019, ini sekitar sepertiga dari semua ekspor.

Jika Uni Eropa melarang perdagangan dengan semua perusahaan milik negara di Belarus, dalam waktu dekat Belarus akan kehilangan lebih dari satu miliar euro. Dan mungkin lebih, karena ekspor perusahaan milik negara di Belarusia meningkat secara signifikan akhir-akhir ini.

Pemasok IKEA

Ekspor utama Belarusia ke Uni Eropa adalah produk kayu seperti furnitur, bahan bakar, dan produk logam. Kayu tersebut sebagian besar diekspor oleh perusahaan milik negara Bellesbumprom. Dan dia mendapat manfaat dari itu belakangan ini Kekurangan kayu. Kantor berita negara Belarusia mengatakan ekspor di Bellesbumprom dalam dua bulan pertama tahun ini Oleh 15% Lebih dari 90 juta euro.

READ  Kekacauan di Irlandia Utara, 55 petugas terluka: Apa yang terjadi di sana? | Di luar negeri

Di antaranya, IKEA disebut-sebut mengimpor furnitur dari Belarusia. Menurut surat kabar Swedia berita hari ini 7 persen dari semua kayu yang digunakan dalam furnitur IKEA berasal dari Belarusia.

Seruan sebelumnya untuk memboikot

Ekspor mineral juga sebagian besar berada di tangan perusahaan milik negara: BMZ. Di sana, juga, ekspor berjalan baik. Dalam empat bulan pertama tahun ini Itu naik 23 persen, Untuk sekitar 350 juta euro.

BUMN terkait erat dengan rezim Presiden Lukashenko, yang telah berkuasa selama lebih dari seperempat abad. Sistem NOS Bicaralah di bulan Maret Dengan mantan karyawan BMZ yang dipecat setelah ikut demonstrasi.

Serikat pekerja FNV telah menyerukan diakhirinya perdagangan dengan perusahaan milik negara Belarusia yang bekerja sama dalam menekan serikat pekerja dan kelompok pro-demokrasi di negara itu. Gerakan serikat buruh independen di Belarus juga mendukung seruan ini.

Belarusia menjadi paria

Selain sanksi perdagangan, Uni Eropa juga memberlakukan sanksi udara. Pada hari Senin, maskapai penerbangan telah diminta untuk berhenti terbang ke Belarusia. KLM, Air France, dan Lufthansa, antara lain, menanggapi.

Selain itu, maskapai penerbangan Belarusia akan segera dilarang dari wilayah udara dan bandara Eropa. Belavia akan sangat terpengaruh oleh hal ini.

Menurut Jaap de Witt, seorang ekonom penerbangan, tindakan tersebut membuat Belarusia paria. “Sulit menjangkau negara dan ini memiliki konsekuensi ekonomi.” Belarusia juga kehilangan biaya yang diterimanya untuk memasuki wilayah udaranya. Menurut Eurocontrol, organisasi kontrol lalu lintas udara Eropa, biayanya mencapai 85 juta euro pada 2019.

Ekonomi lemah

“Sejauh ini, sanksi terhadap Belarusia tidak ditujukan untuk melemahkan ekonomi, juga karena Anda tidak ingin terlalu mempengaruhi populasi,” kata Bob Dean dari Pusat Rusia dan Eropa Timur di Clingendael Institute.

READ  Militer Myanmar melanjutkan hukuman mati tiga puluh tahun setelah eksekusi terakhir | sekarang juga

“Tapi sekarang Uni Eropa ingin memukul Lukashenko begitu keras di dompetnya sehingga terus melakukan kesalahan menjadi terlalu mahal baginya. Namun, sangat sulit melakukannya dengan baik; dan Anda juga ingin menghindari menempatkan Belarusia di pelukan Belarusia. Rusia sedang mengambang. “

Menurut Dekan, sanksi terhadap beberapa perusahaan milik negara bisa berjalan seiring berjalannya waktu. “Kemudian Lukashenko akan kehilangan pendapatan dalam mata uang asing. Ini bisa menekan rubel Belarusia dan anggaran negara. Dia tidak bisa hanya menjual produk yang tidak bisa dia jual ke Uni Eropa ke Rusia.”