BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Utusan AS untuk Haiti pergi, mencela pengusiran “tidak manusiawi” Amerika

Utusan AS untuk Haiti mengundurkan diri sebagai protes atas evakuasi AS terhadap imigran Haiti. Daniel Foote baru beberapa bulan di sana; Dia diangkat oleh Presiden Biden pada bulan Juli setelah pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise.

“Saya tidak ingin berpartisipasi dalam keputusan Amerika yang tidak manusiawi dan kontraproduktif untuk mendeportasi ribuan pengungsi Haiti dan imigran ilegal ke Haiti,” kata Foote dalam sebuah pernyataan. Dia menekankan bahwa Haiti adalah negara di mana “pejabat AS harus tetap berada di kompleks yang aman karena bahaya harian geng-geng bersenjata.” Menurut Foote, kebijakan tersebut tidak untuk dijual dan sarannya tidak diikuti.

Ribuan orang Haiti baru-baru ini melintasi perbatasan melalui Meksiko. Mereka berakhir di kota perbatasan Texas Del Rio, tetapi sejak hari Minggu mereka telah ditempatkan di pesawat secara massal kembali ke Port-au-Prince. Ribuan ekstremis di pihak Meksiko tidak punya tempat untuk pergi; Menurut Associated Press, pihak berwenang Meksiko tampaknya ingin memaksa para migran untuk menyeberangi perbatasan.

pasca gempa

Kebijakan ini dikritik tajam oleh Partai Demokrat khususnya, karena warga Haiti tidak mendapat kesempatan untuk mengajukan suaka. Rekaman yang diambil awal pekan ini tentang penjaga perbatasan yang menunggang kuda mengejar orang-orang Haiti secara agresif ke Rio Grande telah memicu kemarahan.

Haiti adalah negara termiskin di Amerika dan berada dalam krisis yang mendalam. Bulan lalu ada satu gempa bumi yang parahyang menewaskan sedikitnya 2.200 orang dan menyebabkan lebih banyak lagi tunawisma.

Pada awal Juli, Presiden Moise dibunuh di rumahnya, menyebabkan krisis politik. minggu lalu Didiskualifikasi Perdana menteri saat ini, Ariel Henry, adalah jaksa agung utama karena menghubungkannya dengan tersangka utama dalam kasus pembunuhan.

READ  Badai Ida semakin kuat, dan mungkin lebih ganas daripada Badai Katrina | Luar negeri

Saksikan para migran Haiti menyeberangi sungai perbatasan awal pekan ini: