BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Valve mengumumkan Steam Deck, laptop gaming seharga $400

Valve secara resmi mengumumkan Steam Deck. Sebuah laptop gaming yang akan tersedia akhir tahun ini.

Steam Deck memiliki faktor bentuk yang sedikit lebih besar daripada Nintendo Switch, tetapi memiliki potensi PC gaming penuh. Ini berjalan pada versi SteamOS yang dimodifikasi dan memiliki antarmuka seperti konsol yang dengan mudah menavigasi melalui toko Steam dan perpustakaan Steam. Ini juga memiliki desktop komputer yang dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga. Bahkan game dan peluncur yang tidak berfungsi melalui Steam.

Dalam hal perangkat keras, Steam Deck memiliki layar LCD 7 inci dengan resolusi 1280 x 800 60Hz, CPU AMD khusus dengan CPU quad-core dan 8-threads yang bekerja dengan 8 unit komputasi GPU RDNA 2. Perangkat ini juga memiliki RAM LPDDR5 16GB. Secara praktis, ini berarti perangkat kerasnya jauh lebih kuat daripada Switch, sehingga game saat ini berkinerja sangat baik. Rekan-rekan Amerika kami dapat memainkan Jedi: Fallen Order pada pengaturan “Tinggi” tanpa masalah. Perangkat ini bahkan mampu menjeda game dan memungkinkan pengguna mengakses perpustakaan Steam.

Selain layar, ada semua tombol dan pemicu yang diperlukan untuk permainan. Tongkat itu merasakan bahkan ketika pemain meletakkan ibu jarinya di atas tongkat dan di bawah joystick terdapat trackpad yang berfungsi sebagai mouse. Ada juga empat tombol di bagian belakang Steam Deck yang bisa diatur sesuai keinginan.

Steam Deck mendukung Bluetooth untuk perangkat yang biasanya juga dapat terhubung ke komputer biasa (pikirkan headphone). Perangkat juga dapat berada dalam mode “berlabuh” dan diatur pada monitor eksternal. Dimungkinkan juga untuk menghubungkan mouse dan keyboard bagi mereka yang lebih menyukai pengalaman tradisional.

Steam Deck akan tersedia dalam tiga model berbeda. Perbedaannya terutama pada jumlah penyimpanan dan kecepatan, karena kekuatan grafisnya sama di mana-mana. Versi dasar memiliki penyimpanan 64GB dan akan dikenakan biaya $400 (mungkin $400). Ada versi 256GB seharga $529 (mungkin €529) dan versi 512GB tersedia seharga $649 (mungkin €649). Dua opsi terakhir memiliki drive NVMe SSD dan ketiga varian memiliki kemampuan untuk memperluas memori melalui Micro SD.

READ  Pesawat ruang angkasa China Mars Zhurong mengirimkan gambar-gambar pertama

Belum ada tanggal rilis spesifik untuk Steam Deck, tetapi seharusnya sudah tersedia sebelum akhir tahun. Berbicara kepada Gabe Newell, dia mengatakan kepada IGN bahwa memilih penghargaan itu “sulit” tetapi “perlu”. Peluang pre-order diharapkan dalam waktu dekat.